HomeBerita › Pesta Olob-olob GKPS Resort Medan Utara

Pesta Olob-olob GKPS Resort Medan Utara

Medan (16/9). Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Medan Utara rayakan Pesta Olob-olob 109 tahun injil di Simalungun, Minggu (16/9) di Wisma Bethesda Medan. Mengambil Tema “Hita do saksi ni Kristus” (Lahoan Ni Apostel 1:8) Sub Tema “Pongkuthon hita ma horja parmahanion i kuria in ase manggoluh ibagas na marholong, na marpangurupan ampa na marhaporsayaon”, (Johannes 21:15-17).

Hadir dalam acara itu Eporus GKPS Pdt Jaharianson Saragih STh MSc PhD bersama istri br Purba, bakal calon Gubernur Sumatera Utara Dr Rustam Effendy Nainggolan MM bersama istri br Sihombing, Jadi Pane, Pendeta Resort Medan Utara Pdt Doliaman Damanik STh, Pdt Krisman Purba MTh, Pdt Ch E Purba STh, PW Rosni Aktiar Purba, Ketua Panitia St Dearma Sinaga SE, Wakil Ketua St Jaludin Sinaga SSos, Sekretaris St Jarusdin Saragih SSos, Bendahara St Sudirman Sumbayak SE, Pengantar jemaat GKPS Kampung Durian St Drs Elbiner Purba beserta undangan lainnya.

Eporus GKPS Pdt Jaharianson Saragih STH MSc PhD dalam khotbahnya yang diambil dari natas Alkitab Markus 8:27-38 mengatakan, dengan perayaan 109 tahun injil di Simalungun jemaat GKPS di Medan Utara agar menjadi jemaat yang bertumbuh, berkembang dan berbuah. “Jadilah kristen yang sungguh-sungguh tidak sekedar kristen KTP tetapi hendaklah berbuat kasih antara sesama seperti yang diajarkan Tuhan Yesus. Orang kristen yang sejati harus punya ciri-ciri dalam kehidupannya, yakni tidak berkompromi terhadap yang salah dan selalu setia mengikuti Tuhan selama-lamanya.

Sementara Dr Rustam Effendy Nainggolan MM (RE Nainggolan) dalam sambutannya mengatakan, Harapan dengan 109 tahun injil di Simalungun, jemaat GKPS semakin bertumbuh, secara iman yang dapat mengembangkan kemampuan intelijen dan kematangan emosional dan kekuatan spritual dan akan menjadi saksi-saksi Kritus dimana pun berada.

“Dulu ada bahasa yang mengatakan kongsilaita, atrinya mari kita pergi menyampaikan pengabaran injil, maka saat usia 109 tahun ini, mari kita kembali membangun kongsilaita yang baru. Kalau dulu misi pertumbuhan untuk ke luar, maka sekarang lebih inters kepada pertumbuhan ke dalam,” ujarnya.

Sehingga demikian, segenap warga GKPS akan semakin memberikan perhatiannya semaksimal munkin dan tidak lagi bertanya apa yang dibuat oleh GKPS kepada jemaat, tetapi apa yang telah bisa kita buat ke pada GKPS ke masa mendatang. Sebab Gereja mempunyai naluri yang cukup luar biasa untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ephorus GKPS pernah berbincang-bincang kepada saya, bahwa doa sungguh luar biasa manfaatnya memang itu benar. Ia pernah juga berbicara kepada saya, bahwa Martinluter berdoa selama 180 menit setiap hari selain ituia juga bercerita tentang para pendeta mendoakan jemaat bahkan bangsa ini memang doa itu luar biasa,” ujar RE Nainggolan.

Ketua Pesta Olob-olob St Dearma Sinaga SE juga mengatakan, berterimakasih kepada seluruh jemaat sehingga acara dapat berjalan dengan baik. 109 tahun injil di Simalungu maka warga GKPS pantas bergembira karena Simalungun sudah merdeka dan dapat mengurus dirinya sendiri. “Melalui acara Pesta Olob-olob ini jemaat GKPS semakin bertambah dewasa dalam iman dan tidak merasa bahwa acara ini hanya acara seremonial saja ,” ujarnya.

Pada acara itu RE Nainggolan juga menyempatkan menyumbangkan dua lagu berjudul “tangiang ni dainang” dan “bagi Tuhan tidak ada yang mustahil” sebelum bernyanyi terlebih dahulu menyumbang Rp 1 juta untuk lagu tersebut.

Danres Saragih

Leave a Comment


+ nine = 11

NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>