Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SENIN, 27 APRIL 2020
26/04/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 27 April 2020

 

  1. Mandoding Hal no 118:1

Tuhan Jesus Siparmahan ganup biri-biri do

Jesus gok Bamu uhurhu sai irikkononku Ham

Sai irikkononku Ham, Sai irikkononku Ham

Jesus gok Bamu uhurhu sai irikkononku Ham

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Mika 7:18

Ise ma Naibata usih songon Ham, na manasap dousa anjaha na manalpuhon panlanggaron ni simasima ni parbagiananni? Seng lalab itahan-tahan ringisNi, ai marharosuh do Ia bani idop ni uhur.

Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milikNya sendiri? Yang tidak bertahan dalam murkaNya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia.

 

  1. Renungan

Lebih kurang 1 bulan kita sudah tidak beribadah bersama-sama di gereja. Tetapi itu bukan berarti hubungan kita dengan Tuhan menjadi semakin berkurang. Ada banyak orang yang akhirnya merasakan hubungan yang lebih erat dengan Tuhan di masa-masa seperti ini, dan memang itulah juga harapan kita.

Pengenalan akan Tuhan hendaknya juga semakin baik dalam diri kita. Dan memang itu yang juga ingin ditekankan dalam bacaan kita hari ini. Mika bertanya: Siapakah Allah yang seperti Engkau? Tentu jawabannya: tidak ada. Tidak ada Allah yang penuh dengan kasih setia seperti Allah kita. Karena pengenalan Allah itu maka Mika datang bermohon kepada Allah untuk bertindak menyelamatkan bangsa Israel yang terpuruk akibat kejahatan mereka, akibat ulah mereka yang tidak setia kepada Allah.

Apa yang nabi Mika lakukan adalah sesuatu yang sangat tidak wajar menurut ukuran dunia. Israel salah karena melawan Allah, dan harus dihukum. Tapi justru nabi Mika minta kepada Allah untuk mengasihi bangsa yang melawan itu. Ini bisa terjadi karena Mika dekat dengan Allah dan tahu siapa Allah.

Kita sebagai orang percaya juga seharusnya mempunyai pengenalan dan pemahaman yang sama tentang Allah. Hal ini akan sangat membantu kita untuk bisa hidup di setiap suasana karena kita tahu Allah akan selalu setia menyertai kita. Pemahaman akan Allah juga akan membantu orang lain dalam pergumulan mereka karena kita hadir memohon kebaikan Allah untuk mereka dan untuk itulah juga kita hadir. Di saat orang ragu akan kebaikan Tuhan, di saat orang tidak yakin akan kasih karunia dan kesetiaan Allah, mari kita hadir untuk menjadi penguatan bagi mereka. Amen.

 

  1. Mandoding Hal no 236:1

Seng na tarhatahon haholongan ni

Uhur ni Tuhanta bai pardousa in

Pusok do uhurNi bani jolma in

Na so ra unduk bani HataNi in.

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

"4" Comments
  1. Syalom, horas

    Puji ma tuhan

  2. Albert Juniaman Purba

    Tapujima Tuhan, masukan anggo boi namin i baen ma sada ayat bani bibel sebagi penyemangat bani namasa sonari na patotapkon haporsayaon tarimakasih ma 🙏🙏

Tinggalkan Balasan
**