Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 16 Mei 2020
16/05/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Sabtu, 16 Mei 2020

 

  1. Doding Haleluya No.134:1

Tandai Ham ma au, pareksa Ham pakon uhurhu!

Uji Ham au, papangkei Ham pakon dalanku!

Itandai Ham do au on, o Tuhan.

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 66:10

 

Tongon, domma iuji Ham hanami, alo Naibata, domma ilobur Ham hanami songon na manlobur pirak.

Sebab Engkau telah menguji kami, ya Allah, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak.

 

  1. Renungan

Dalam perjalanan hidup kita pasti pernah mengalami jatuh dan itu menjadi ujian bagi kita. Sekalipun kita orang percaya, jangan berkecil hati, mungkin orang akan berkata seharusnya mereka tidak jatuh. Kita memahami kejatuhan yang kita alami akan membawa kita pada pemurnian. Pemazmur menyebut bahwa Tuhan menguji, memurnikan mereka seperti memurnikan perak. Untuk mendapatkan perak harus dibakar dan dimurnikan mengeluarkan kandungan lain dari logam tersebut sehingga dapat perak yang murni. Pemazmur dengan bangsanya mengalami ujian dan ia meyakini itu bersumber dari Tuhan. Dalam proses melebur perak, dibutuhkan panas, kemudian dilebur berulang-ulang untuk menghasilkan perak yang murni. Walau memang harus kita akui bahwa yang namanya ujian tentu tidak pernah enak namun hasilnya akan indah berharga dan bernilai.

Masa pandemi ini merupakan bagian dari pengujian. Ujian untuk menyadarkan kita bahwa ternyata hidup yang kita jalani ini adalah pemberian Tuhan. Kita semakin menyadari bahwa kehidupan ini tidak selamanya berjalan seperti yang kita inginkan tanpa masalah. Banyak orang yang terkejut, melihat situasi ini. Pengalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ada pembatasan gerak aktivitas manusia, yang sebelumnya setiap orang bebas mau kemana tidak ada batasan.

Ketika berada dalam masa pengujian itu kita membutuhkan topangan, dukungan dari orang-orang terdekat kita supaya kita kuat dalam proses pemurnian itu. Dalam menjalani proses pemurnian ini, mungkin di antara kita mengalami tahapan yang berbeda, ada yang masih permulaan peleburan, ada yang sedang dalam panasnya bara api, ada yang sudah berkali-kali dilebur, kuat dan tangguh mampu bertahan, ada yang hampir selesai dilebur, hampir murni. Semestinya kita saling mendukung satu sama lain hingga semua kita tiba pada kemurnian. Kiranya kita semakin peka melihat dan mau mengangkat saudara kita yang sedang terjatuh atau mungkin dalam keadaan sakit karena pandemi ini. Mari bersama-sama menguatkan satu dengan yang lain. Tuhan menolong kita melewati masa pemurnian ini hingga nantinya menjadi sempurna seperti yang dikehendakiNya. Selamat berjuang. Amen

.

  1. Mandoding Haleluya No.124:1

O Tuhan, pareksa Ham au, sondangi uhurhu tangkas

Ai seng dong margogoh be au

Bamu au paringgas, Bamu au padonok, Bamu mando au

Bamu au paringgas, Bamu au padonok, Bamu mando au

 

  1. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami.

 

Departemen Persekutuan GKPS

 

Tinggalkan Balasan
**