Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 25 Mei 2020
05/24/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 25 Mei 2020

1. Mandoding Hal no 401:1
Hupuji hupasangap Ham Bapa pardear layak
Ganupan ijadihon Ham sonai age na masa
I tompa Ham ganup hape dagingku pakon tonduy pe
Napuji ma GoranMu

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 23:15
Bani ari ai, halupahononkon ma Tirus pitu puluh tahun dokahni songon dokah ni ari-ari ni sada raja. Tapi dob salpu na pitu puluh tahun ai, masa ma bani Tirus songon bani doding-doding ni boru jalang.
Pada waktu itu Tirus akan dilupakan tujuh puluh tahun lamanya, sama dengan umur seorang raja. Sesudah lewat tujuh puluh tahun, akan terjadi kepada Tirus seperti terjadi kepada perempuan sundal dalam nyanyian ini.

4. Renungan
Orang beriman akan mengatakan bahwa Tuhan adalah pemilik seluruh bangsa yang ada di muka bumi ini. Allah mampu melakukan segala hal terhadap semua orang. Iman seperti itulah yang juga kita pegang sehingga kita juga percaya bahwa kita adalah bangsa yang akan diselamatkan Tuhan juga. Hal ini sudah dinyatakan sejak jaman Perjanjian Lama. Allah mampu melakukan penghukuman di samping memberkati bangsa-bangsa lain, meskipun bangsa Israel tetap sebagai bangsa pilihan.
Karena Allah berkuasa atas seluruh bangsa maka siapapun tidak dapat menyombongkan dirinya di hadapan Tuhan. Bangsa yang dianggap kuat, atau kota yang dianggap lebih maju tidak dapat berbicara atas kelebihannya yang merendahkan bangsa lain. Kalau saat itu Tirus, yang selalu disebut-sebut bersamaan dengan Sidon, adalah kota pelabuhan di tepi Laut Tengah yang sering dikunjungi oleh kapal dagang sehingga lebih maju dan lebih ramai dari kota lain termasuk yang ada di Israel. Namun sehebat apapun Tirus itu, kota itu tidak akan dapat menghempang kuasa Tuhan. Dia akan dilupakan orang tujuh puluh tahun, kata Tuhan. Dan itulah yang terjadi pada kota yang maju itu.
Pengakuan akan Tuhan yang Maha Kuasa seharusnya juga menjadi pengakuan kita di masa sekarang ini. Pengakuan itu akan membawa kita pada sikap yang tidak membesarkan diri atau menyombongkan diri. Allah mampu melakukan apa saja dan kepada siapa saja, karena itu jangan sampai kita jauh dariNya terlebih dalam keadaan yang tidak menentu saat ini. Kehilangan hubungan baik dengan Tuhan, itu berarti kita kehilangan pelindung kita, kehilangan sumber kehidupan dan kehilangan arah perjalanan kita. Jangan sampai Allah mengatakan kepada kita bahwa kita akan dilupakan untuk waktu tertentu. Doa kita adalah agar kita selalu bersama Dia dalam keadaan susah atau dalam keadaan senang. Amen.

5. Mandoding Hal no 327:1
Marpangunsandeian bani Tuhan in puji sai pasangap ma goranNi in
Monang halani Hata ni Tuhan in, mangarapkon parpadanan in.
Sai mangarap bani padan ni Tuhanta Jesus Kristus
Sai mangarap ma hita bai partobuson-Ni in

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**