Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – Sabtu, 30 Mei 2020
30/05/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 30 Mei 2020

1. Doding Haleluya No. 1: 1

Jahowa sihol pujionku, ai Ham do Naibata Sitompa au
Sai suruh Tonduy-Mu hubangku, mangajar au mamuji goran-Mu.
Marhitei-hitei Jesus Anak-Mu, ase dear dodingku hu Bamu.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Mazmur 104:24

Buei tumang do jadi-jadianMu, Ham Jahowa, haganupan in ipauli Ham marhitei hapentaran, gok do tanoh on bani na tinompa-Mu.
Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kau jadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu.

4. Renungan

Pemazmur memuji Tuhan karena kebesaran nama-Nya. Tuhan menumbuhkan rumput bagi hewan-hewan. Tuhan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yang dapat diusahakan manusia. Tuhan juga menciptakan bulan untuk menjadi penentu waktu. Ia juga mendatangkan gelap, maka haripun malamlah. Betapa banyak ciptaan Tuhan lainnya yang dijadikan-Nya dengan kebijaksanaan. Bumi penuh dengan ciptaan-Nya. Nama Tuhan termulia sampai selama-lamanya. Tuhan bersukacita karena perbuatan-perbuatan-Nya.
Oleh sebab itu nas ini merupakan suatu seruan pujian penuh kekaguman atas segala perbuatan Tuhan. Inilah seruan yang pantas apabila orang mulai merenungkan perbuatan-perbuatan Tuhan. Pusat pernyataan kekaguman ini adalah “sekaliannya Kau jadikan dengan kebijaksanaan”. Tuhan itu maha bijak karena Dia memelihara segala sesuatu bahkan binatang-binatang liar, najis, kecil dan lemah yang biasanya menjadi musuh manusia. Semua mempunyai hak hidup, semua dipelihara dan dilindungi. Seluruh ciptaan ini bergantung pada Tuhan dan semua saling bergantung supaya dapat berkembang sejahtera dan bertahan hidup. Ada sesuatu unsur yang khusus bagi manusia untuk hidup, yakni bekerja. Tuhan memberikan kuasa kepada manusia untuk bekerja memelihara seluruh ciptaan-Nya dengan bijaksana. Pemazmur melalui nas ini menyerukan kepada kita warga gereja atau umat Kristen agar memuji Tuhan dengan penuh kekaguman atas segala perbuatan Tuhan. Jikalau ada wabah saat ini di muka bumi ini, yakni wabah virus corona atau covid 19, hal itu bukan berarti Tuhan tidak memelihara kita dan seluruh ciptaan-Nya. Tuhan Allah tetap memelihara kita dan seluruh ciptaan-Nya, karena kita sungguh amat berharga di mata-Nya. Oleh karena itu renungan ini mengajak kita untuk senantiasa bekerja dan berdoa secara sungguh-sungguh. Pasti Ia akan melewatkan pandemi covid-19 sesuai dengan waktu Tuhan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 6:4

Ai Ham do na margogoh in, sitompa haganup
Ham do na pagoluhkon in, marmuduhon ganup.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**