Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 13 Juli 2020
12/07/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 13 Juli 2020

1. Mandoding Hal no 307:1
Bani na martonggo ahu huBamu o Tuhankin
Ajar Ham ma au manjalo ganup na binereMu
Mangakuhon songon Jesus bani sitarononNi
Seng rosuhku pasaudonku pitah rosuhMu Tuhan

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 142 : 2
Huuseihon do susah ni uhurhu hu lobeiNi, hupabotohkon do hasosakanku Bani.
Aku mencurahkan keluhanku ke hadapanNya, kesesakanku kuberitahukan ke hadapanNya.

4. Renungan

Terkadang kita merasa bahwa hidup ini tidak berpihak kepada kebenaran atau kebaikan. Perasaan ini muncul dalam hati karena selalau ada yang merasa menjadi musuh, meskipun sebenarnya tidak bermusuhan karena berada dalam satu komunitas atau satu keluarga. Hal ini terkadang membuat kita menjadi merasa tidak nyaman dan akhirnya berusaha untuk menghindar dari kecaman atau tuduhan atau ancaman.

Raja Daud berusaha untuk melakukan yang terbaik kepada raja Saud, dengan menghiburnya, melakukan yang terbaik di tengah-tengah bangsa Israel. Tetapi Saul merasa tersaingi, Saul merasa mendapat ancaman terhadap kekuasaannya, dan kuatir kalau Daud segera menggantikannya. Akhirnya dia melakukan tindakan permusuhan dengan Daud. Permusuhan itu bahkan sampai kepada ancaman untuk membunuhnya.

Tetapi apakah Daud yang terzolimi itu membalaskan tindakan musuhnya? Ternyata tidak. Daud tidak membalaskan kejahatan dengan kejahatan. Daud tidak bersikap sama seperti musuhnya. Provokasi yang menjelekkan tidak dibalas dengan hal yang sama, karena Daud menunjukkan bahwa kebenaran akan tetap menjadi kebenaran. Sehingga dia hanya mencurahkan keluhannya kepada Tuhan. Kesesakannya diberitahukan kepada Allah yang dia yakini akan berpihak kepadanya.

Allah bersedia setiap saat mendengar keluhan kita, dia tidak pernah tertidur atau menjadi bosan dengan keluhan kita. Karena itu, apapun tantangan kita dan bagaimanapun suasana hati kita beritahukanlah kepada Tuhan. Biarlah Tuhan berkarya untuk menolong kita ketika kita menderita karena kesetiaan kita padaNya. Kita tahu karya Tuhan melebihi dari apa yang kita pikirkan, sehingga memang seharusnya kita berserah dan mengadu kepadanya saja. Amin.

5. Mandoding Hal no 271:2
Naibatangku hasomanku ge marsitaronon au
Ia do tongtong Bapangku hinaholonganNi au
Sai tenger do uhurhin Naibata hasomankin
Sadokah-dokahni in

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**