Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 7 Agustus 2020
06/08/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 7 Agustus 2020

1. Doding Haleluya No. 309:1

Au sol dohor Bamu Ham Naibata
‘Ge pe manaron au huporsan ma
Mandoding do au on mamuji Ham tongtong
Lambin dohor Bamu, dohor Bamu

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Johannes 6:25

Jadi dob jumpah sidea Ia i dipar ni tao ai, nini sidea ma hu Bani, “Guru, sadihari do Ham hujon?”
Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada kepada-Nya: “Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?”

4. Renungan

Apakah motivasi kita mengikut Yesus? Mengikut Yesus karena saya orang Kristen sejak lahir. Mengikut Yesus karena saya berhasil, sukses segala usaha, hidup saya baik berkecukupan dan tak kekurangan suatu apa pun. Saya ikut Yesus karena merasa terpanggil untuk mengikutiNya. Ada beragam motivasi manusia dalam mengikut Yesus.

Tuhan Yesus tahu setiap isi hati manusia, alasan dan motivasi orang yang datang kepadaNya dan mengikutinya. Alasan kebutuhan fisik, jasmani dan dunia. Hanya karena puas dengan makanan yang telah diberi Yesus ketika menjamu mereka 5000 orang makan (ditambah perempuan dan anak-anak) dengan 5 roti dan 2 ikan sisa 12 keranjang. Mereka juga menyaksikan ada mujizat kesembuhan secara fisik.

Mereka terkesan dan takjub pada mujizat yang diperbuat oleh Yesus mereka menginginkan jika Yesus mampu melakukan mujizat yang besar itu maka Yesus layak diangkat menjadi Raja, yang akan dapat melepaskan dan membebaskan mereka dari penguasa Kerajaan Romawi, atau kita akan kaya jika kita dekat dengan Yesus sebab kita tidak perlu bekerja tapi kita dapat makan dan menjual makanan yang banyak berlimpah itu karena Ia mampu melakukannya. Ada perubahan perasaan yang sebelumnya dalam keadaan putus asa, lesu tanpa harapan menjadi semangat karena kehadiran Yesus.

Maka mereka terkejut, heran ketika mereka bertemu dengan Yesus di seberang laut itu. Biasanya orang akan menaiki perahu untuk sampai di seberang tapi Yesus tidak bersama dengan mereka tapi sudah menemukannya di sana. Tentu mereka sangat senang bertemu dengan Yesus tanpa harus mencari ke tempat lain mereka sudah bertemu di tempat itu dan akan mempermudah mereka untuk dekat dengan Yesus dan menikmati serta menyaksikan mujizat Yesus.

Tapi ternyata Tuhan Yesus tahu isi hati mereka, alasan mereka mengikuti Yesus. Hanya untuk terpuaskan secara fisik dan lahiriah saja. Yesus hadir untuk memberi mereka keselamatan dan kelepasan secara holistik. Manusia harus memeriksa hati mereka apakah mereka mengikut Yesus hanya karena persoalan dunia ini? Yang utama adalah agar manusia tahu bahwa percaya pada Yesus itu sudah cukup dan hidup kita untuk kemuliaanNya saja. Mungkin kita kuatir akan hidup kita, apa yang akan kita makan, bagaimana masa depan kita? Yesus adalah Tuhan, sumber segala berkat. Ia maha kuasa dan mampu melakukan mujizat lebih dari yang terpikirkan oleh manusia. Maka tetaplah andalkan Tuhan, tiada yang mustahil bagiNya. Amin

5. Doding Haleluya No. 352:1

Ai halongangan do hape, holong ni Tuhan in
itobus Kristus au hape pardousa na doyuk
Tapi hubotoh janah porsaya, bani gogohNi pakon kuasaNi
ai iparorot do tong goluhku, das bai parujungan in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**