Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 8 Agustus 2020
08/08/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 8 Agustus 2020

1. Doding Haleluya No. 303:1

Na pansing na pansing Tuhan parkuasa
Ari on hanami mamuji Naibata
Na pansing na pansing janah marjumbalang
Sitolu sada na sangap tumang

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 85:11

Idop ni uhur pakon hasintongan sai pajumpah do, anjaha hapintoran pakon hadameion marsiummahan.
Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman.

4. Renungan

Tuhan menghukum bangsa Israel dengan membuang mereka ke Babel karena kehidupan mereka bertentangan dengan firman Tuhan. Tetapi mereka dipulihkan Tuhan, yakni dengan membebaskan mereka dari pembuangan Babel. Masih banyak tantangan terbentang. Oleh sebab itu pemazmur mengajak seluruh umat Israel untuk berdoa memohon kepada Allah.

Doa permohonan ini diucapkan kaum buangan yang sudah kembali ke tanah air berkat karunia Allah (Mzm. 85:2-4). Masa lampau telah berlalu, namun masa untuk memperbaiki akibat-akibat dosa yang menghancurkan itu kini terbentang menantang karya umat Allah. Desa dan kota yang tinggal puing-puing, tanah yang gersang tidak siap untuk menghasilkan, kelumpuhan ekonomi; itulah yang kini mereka gumuli di dalam doa dalam kasih setia Tuhan.

Pengampunan memang penting dan vital tetapi bukan segala-galanya. Kini mereka memerlukan keyakinan dan kekuatan bahwa Tuhan yang telah mengampuni dan memulihkan itu akan memampukan mereka membangun kehidupan baru bersama-Nya (ay.11-14). Ayat-ayat tersebut bernada gembira dan penuh pengharapan. Semuanya melukiskan damai yang dikehendaki Tuhan.

Pemazmur menggunakan pelambangan “kasih dan kesetiaan”, “keadilan dan damai” sebagai suatu pertemuan sukacita dan damai. Kejadian tersebut juga sudah terjadi di dalam pertemuan antara Yakub dan Esau, Musa dan Yitro serta Daud dan Yonatan. Berkat yang mereka terima bukan saja berkat rohani tetapi juga berkat tanah (ay.13).

Begitu juga dengan kita sekarang, walaupun menghadapi pandemi covid-19, Tuhan telah memberi damai-Nya bagi kita melalui Yesus Kristus. Akan tetapi kita perlu terus mendoakan perdamaian itu, karena dengan demikian kita akan memperjuangkan perdamaian dengan tekun dan penuh pengharapan yang pada akhirnya akan mendatangkan sukacita dan damai di dalam Tuhan. Amen.

5. Doding Haleluya No. 442:1

Bai pardalanan ni goluhku, ningon do Jesus i lambungku
Golap do tong huidah ge siang ni ari anggo lang Jesus i lambungku manondangi
Ai hata-Mu Tuhan panondang na totap, na manondangi uhur na golap
Megah mardalan au, hinsah tunggung jagar, ai Ham manogu au bai dalan na lihar
Bai pardalanan ni goluhku, ningon do Jesus i lambungku
Golap do tong huidah ge siang ni ari
Anggo lang Jesus i lambungku manondangi.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**