Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 24 Agustus 2020
23/08/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 24 Agustus 2020

 

  1. Mandoding Hal no 339:2

Ham tumang rajangku Ham do balosanku

Jalo Ham ma ahu gabe jabolonMu

Sai sonang ma ahu ai tangkas ma bangku

Ham tumang Rajangku janah balosanku

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Josua 24 : 15

Tapi anggo seng marosuh nasiam mambalosi Jahowa, pilih nasiam ma sadari on barang ise sibalosan nasiam, barang naibata na legan na binalosan ni ompung nasiam i dipar ni Bah Eprat, barang naibata ni halak Amori, simada tanoh, na niianan ni nasiam. Tapi anggo ahu pakon hasomanku sarumah, Jahowa do sibalosannami.

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan.

 

  1. Renungan

Memang benar bahwa hidup ini selalu diperhadapkan dengan pilihan-pilihan. Pilihan itu terkadang sangat menolong kita karena ada alternatif yang bisa kita pilih tetapi di sisi lain itu membuat hidup kita menjadi berada dalam kesulitan atau keterbatasan karena kita tidak bebas untuk segala sesuatu. Namun kita harus mengingat bahwa penentuan pilihan itu bukan hanya sekedar memenuhi keinginan kita tetapi jauh lebih dalam lagi maknanya adalah memperjelas status atau identitas kita.

 

Bangsa Israel yang kembali ke tanah Kanaan dari perbudakan Mesir, telah mengalami dan melihat banyak hal, dan itu akan mempengaruhi kehidupan mereka sebagai satu bangsa atau umat Allah. Kita membaca bagaimana bangsa Israel beberapa kali mengambil pilihan untuk kembali ke Mesir, menyembah patung, menyerah pada keadaan, tetapi karena kebaikan Allah akhirnya mereka sampai ke Kanaan. Josua yang selama ini mendampingi Musa telah melihat bagaimana bangsa Israel harus dituntun untuk tidak kehilangan jati dirinya, akhirnya sampai kepada tahap memperjelas identitas bangsa itu dalam bacaan kita.

 

Ketika kita mengatakan bahwa kita adalah umat Allah atau orang Kristen, tentu kita tahu apa yang harus kita lakukan. Firman Tuhan hari ini mengingatkan bahwa kita sudah menentukan piihan kita untuk menjadi pengikut Kristus, dan sesungguhnya menjadi percaya kepada Kristus itu juga adalah anugrah. Karena itu status kita sebagai orang percaya harus dinyatakan secara jelas dalam ibadah, dalam aktifitas sehari-hari, dalam menghayati firman Tuhan dan dalam menjalankan perintah-perintah Tuhan.

 

Saat ini, seperti Yosua mari kita menyatakan komitmen kita bersama dengan seisi rumah kita untuk setia kepada Tuhan, untuk beribadah kepadaNya. Hal ini akan memampukan kita menghadapi tantangan yang ada bersama dengan orang yang kita kasihi, dan kita percaya akan penyertaan Tuhan yang kita sembah itu. Kiranya pengakuan dan pilihan kita itu semakin meneguhkan keyakinan kita akan kuasa Tuhan yang melindungi kita.

 

  1. Mandoding Hal no 105:1

Hanami na satangga on i lobeiMu o Jesuskin Ham ihutonkonnami

Ham ma ompung ni hanai on sadokah na marhosah in sai pasu Ham hanami

Ham ma Raja ihutonkon pangguruon sisungkunon

Tong bai hataMu o Tuhan

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami
Tinggalkan Balasan
**