Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 5 September 2020
04/09/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 5 September 2020

1. Doding Haleluya No. 341:1

Ari na madear tumang lao marayakhon Tuhan in
Hubaritahon Ham Tuhan bujur au mandalankon in
Tuahkin ari in sanggah isasap dousangkin
Ai ipatalar dalankin, janah iungkap uhurhin
Tuahkin ari in sanggah isasap dousangkin.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 119:40

Tonggor ma, ihasiholi uhurhu do aturan-Mu, sai pagoluh Ham ma ahu halani hapintoran-Mu.
Sesungguhnya aku rindu kepada titah-titah-Mu, hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu.

4. Renungan

Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, sudah sangat mudah kita membaca dan memahami Alkitab. Karena dengan mencari dan mengklik aplikasi Alkitab, tafsiran, kamus dan lain-lain di hp, kita sudah dengan mudahnya membaca dan mengetahui isi firman Tuhan tersebut. Tetapi jika kita mau jujur melihat bahwa kebanyakan hanya sebatas mengetahui dan mempercakapkan saja. Apa yang diketahui tersebut tidak dipraktekkan, karena ia hanya mengandalkan pikiran dan kekuatannya sendiri. Kita tidak memohon dalam doa atas pertolongan Jesus Kristus turun atas kita. Pada akhirnya firman tersebut tidak menjadi kehidupan baginya dan bagi sesamanya.

Tidak demikian halnya dengan pemazmur dalam nas renungan ini. Sudah banyak titah-titah yang telah diketahuinya. Ia sudah banyak mengetahui firman Tuhan. Ia tidak puas hanya di situ saja. Selain ia mengetahui dan memahami firman Tuhan, pemazmur juga mengharapkan pertolongan Tuhan atas dirinya untuk memampukannya melakukan firman Tuhan tersebut. Pemazmur mengakui dan percaya kepada Tuhan. Persoalan dalam mazmur nas harian kita ini adalah dijalan manakah orang memperoleh hidup? Apakah di harta yang banyak? Menurut Pemazmur: tidak, karena harta itu sia-sia, karena tidak menjamin hidup. Selanjutnya ia mengalami bahwa Tuhan sajalah yang menciptakan hubungan baik, lepas dari cela dan gentar. Itu sebabnya perintah Tuhan patut disukai. Selain dari pada itu, secara perseorangan pemazmur dalam hal ini Daud mau mengingatkan kita di masa pandemi covid 19 ini bahwa dengan mengejar untung dan teknologi dan kuasa manusia sedang membahayakan hidupnya sendiri dan hidup makhluk-makhluk lainnya.

Melalui nas renungan ini, di akhir pekan ini kita diingatkan oleh pemazmur agar bukan hanya mempelajari dan memahami firman Tuhan. Tetapi kita juga harus memohon dalam doa kepada Tuhan agar dengan Roh Kudus memampukan kita juga dalam melakukan firman Tuhan dengan penuh sukacita. Seperti pengalaman iman pemazmur yaitu tetap rindu kepada firman Tuhan dan dihidupkan Tuhan dengan keadilan-Nya. Demikian jugalah tekad kita selaku orang percaya dan senantiasa rindu akan firman Tuhan dan melakukan kebenaran firman Tuhan untuk kemuliaan nama Tuhan. Dengan demikian hidup kita diberkati dan menjadi berkat bagi sesama. Amin.

5. Doding Haleluya No. 18:1

Hata-Mu ale Tuhanku, arta siharganan ai
Sai palongkot bai uhurhu, ulang lang hu hujolom ai
Anggo seng be sijoloman Hata na madear in,
Aha ma na baen onjolan ni haporsayaonkin.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**