Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 7 September 2020
06/09/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 7 September 2020

 

  1. Mandoding Hal no 375:1

Ai ise suruhon-Ku sai nini Tuhan in

Na ra lao pararatkon harajaonNi in

Buei do na mangaku lao mangkorjahon in

Garama anak boru ge bapa inang pe

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: 5 Musa 19 : 14

Seng bulih paosor-osoronmu parbalogan ni hasomanmu, na pinasuk ni ompung na lobei ibagas parbagiananmu, na sihol teanonmu i tanoh sibereon ni Jahowa Naibatamu bamu bahen parbagiananmu.

Janganlah menggeser batas tanah sesamamu yang telah ditetapkan oleh orang-orang dahulu di dalam milik pusaka yang akan kaumiliki di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk menjadi milikmu.

 

  1. Renungan

Tanah adalah asset yang sangat berharga dalam hidup ini. Ini menyebabkan hampir di seluruh dunia ini masalah tanah selalu menjadi hal yang sangat sering muncul. Dan ternyata masalah tanah bukanlah hal baru dalam sejarah dunia ini. Memang banyak yang mengatakan bahwa pada masa mendatang akan semakin rumit persoalan tanah ini karena jumlah manusia bertambah sementara tanah tidak bertambah luas di bumi ini.

 

Dalam kitab Ulangan ini kita melihat bahwa topik mengenai tanah dituliskan secara khusus. Hal ini mau mengatakan bahwa Tuhan peduli dengan tanah dan harus dijaga dengan baik. Peringatan yang diberikan dalam ayat ini adalah bahwa tidak dibenarkan untuk menggeser batas dalam arti mengambil milik orang lain. Apa yang Tuhan berikan kepada kita, tentu harus kita rawat, dan apa yang Tuhan berikan apda orang lain, biarlah itu menjadi haknya dan jangan diganggu.

 

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah melalui kementrian Agraria menyebutkan bahwa peroalan tanah sangat rumit, dan Guberbur Sumatra Utara juga menyebutkan hal yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa tanah itu sangat berharga dan harus dijaga. Ketika masing-masing menjaga miliknya dan ikut menjaga milik orang lain, maka di situlah akan ditemukan kehidupan yang lebih baik. Inilah yang harus dilakukan oleh setiap orang.

 

Kita sebagai umat Tuhan juga diperintahkan untuk ikut menjaga suasana yang baik dengan saudara-saudara yang lain, khususnya dalam memelihara tanah yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Tentu hal ini adalah bagian dari tugas besar kita untuk menjaga kebersamaan umat Allah dan agar kita tidak memunculkan persoalan di tengah-tengah kehidupan kita. Kita tidak merampas hak orang lain, kita tidak membuat orang lain menderita. Amen.

 

  1. Mandoding Hal no 215:1

Martuah hataonkon, si sada Bapa in

Na tong marparuhuron manggolom damei in

Na tong marparuhuron manggolom damei in

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**