Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 31 Desember 2020
31/12/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 31 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 34:1 “Sai Roh ma bai Harang”

Sai roh ma bai harang i Betlehon on
Ganup na porsaya podas ma hujon
Manonggor hamegahni uhurta in ijin
Tinongos ni Bapa na isurga in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Petrus 1:23

Ai domma mangulaki tubuh nasiam, sedo humbani bonih na ra maseda, tapi humbani na so ra maseda do, ai ma marhitei hata na manggoluh anjaha na totap in, na humbani Naibata.
Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

4. Renungan

Kelahiran Yesus ke dunia ini tentu mempunyai arti yang sangat besar kepada kita. Yesus datang untuk memperbaharui hidup kita yang sudah terganggu karena dosa. Dunia tempat kita hidup ternyata diisi bukan hanya ciptaan Allah yang membawa kebaikan, keadilan atau kebenaran, melainkan juga oleh kuasa yang tidak melakukan kehendak Allah. Sehingga kehidupan kita sebagai anak Allah menjadi tercemar dan akhirnya jatuh ke dalam dosa.

Yesus telah datang untuk menyucikan kita dari dosa. Petrus menuliskan bahwa bukan dengan barang yang fana atau dengan sesuatu yang tidak berarti kita ditebus melainkan dengan darah Kristus yang mahal kita ditebusnya. Ini menunjukkan bahwa hidup kita sebagai orang beriman itu sangat berharga di mata Tuhan.

Kita dilahirkan kembali oleh Tuhan tentu dengan tujuan agar kita melanjutkan kehidupan kita dengan roh yang baru agar kita dapat kembali menunjukkan jati diri kita sebagai orang beriman. Firman Allah yang bekerja melalui Yesus sang Firman itu telah membuat kita menjadi ciptaan baru yang mempunyai tugas untuk menyatakan kebernaran dan keadilan. Kita tidak sama dengan dunia ini yang bisa berubah karena keadaan yang ada. Kita harus konsisten untuk menunjukkan jati diri kita sebagai anak Allah.

Di akhir tahun ini kita juga diminta untuk melihat sudah sejauh mana kita hidup sebagai anak Allah. Ada kekurangan dan ada kelebihan kita dalam mengisi hari-hari kita tahun 2020. Saatnya kita menyatakan komitmen kita untuk memulai tahun 2021 sebagai anak Allah yang sudah dilahirkan kembali oleh Tuhan. Nilai kebenaran dan keadilan hendaknya dapat kita nyatakan di tahun yang akan kita masuki. Meski pandemi Covid belum berakhir tetapi kita terus harus melakukan kehendak Allah yang kekal itu. Amin.

5. Doding Haleluya No. 487:1 “Sanggah Manabad ma Mataniari”

Sanggah manabad ma mata ni ari, soluk do roh panorang borngin in.
Sonin ma moru goluh ari-ari, lambin dohor ajalta in.
Adong do goluh na lang marpunsa bai hita na porsaya in.
Hasonanganta ibaen Tuhanta, domma sirsir i surga in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**