Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 4 Januari 2021
03/01/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 4 Januari 2021

 

  1. Mandoding Hal no 3:1

Sai puji Naibata ai holong tong ateiNi

Malayak tong homa bai ganup tinompaNi

Megah ma hita on mamuji Naibata

Ai sasap dousa on ibahen Naibata

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 110 : 2

Tungkot kuasamu surdukkonon ni Jahowa do hun Sion: Mamarentah ma ham i tongah-tongah ni munsuhmu.

Tongkat kekuatanmu akan diulurkan Tuhan dari Sion: memerintahlah di antara musuhmu.

 

  1. Renungan

Allah telah menentukan bahwa keturunan Daud akan hadir menjadi Raja dan menjadi Mesias yang akan membebaskan bangsa Allah dari kekuatan musuh. Janji itu tentu telah dipenuhi Allah dengan kelahiran Kristus Sang Anak Daud yaitu Tuhan Yesus. Dalam Injil Matius secara jelas diuraikan tentang garis keturunan Daud sampai kepada Yesus yang mau menunjukkan bahwa apa yang dijanjikan Tuhan kepada Daud itu telah dipenuhi, sehingga tidak lagi menjadi keraguan bagi bangsa Allah tentang kehadiran Yesus sebagai Mesias.

 

Mazmur 110 ini mengungkapkan tentang percakapan mengenai sang Mesias tersebut. Daud sendiri dalam Mazmur ini telah mengatakan bahwa Allah sendiri telah berbicara kepada sang ‘tuan’ yang tentu menunjuk kepada Raja yang akan datang itu. Salah satu yang dikatakan adalah bahwa tongkat kekuatan sang Raja itu akan diulurkan Tuhan dari Sion. Sion adalah simbol dari kota Allah, dimana Allah bertahta di kotaNya yang kudus. Hal ini mau menekankan bahwa sumber kekuatan itu memang datang dari Tuhan.

 

Kekuatan yang dari Allah dipergunakan untuk menyatakan bahwa kuasa Allah itu lebih dari segala sesuatu termasuk melebihi kuasa musuhNya. Karena itu Allah memberi kekuatan yang luar biasa untuk menaklukkan musuhNya dan memerintah atas musuhNya. Jika musuh Tuhan telah dikalahkan maka umat Allah akan dapat hidup dengan baik dan sejahtera.

 

Kita telah memasuki tahun yang baru ini tentu juga dengan memegang teguh Firman Tuhan yang mengatakan bahwa musuhNya akan ditaklukkanNya. Keyakinan itu akan membuat kita tetap bersemangat dan berpengharapan akan kehidupan yang lebih baik bersama Sang Mesias. Meskipun kita masih menghadapi pergumulan akibat virus Corona, tetapi kita tidak menyerah, meskipun tidak gegabah dalam menjalani hidup. Yakinlah akan kuasa Tuhan yang mengalahkan musuh yang ada di tengah-tengah kehidupan kita.

 

  1. Mandoding Hal no 319:3

Ningon Jesus hasomanku bani parlajouan in

Tuhan Jesus do parmonang sai pamonangonNi au

Seng mabiar au ijin Jesus do hasomankin

Sai irikkononku Jesus balosanku mando in

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**