Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 8 Januari 2021
07/01/2021 TATA IBADAH

 

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 8 Januari 2021

1. Doding Haleluya No. 118:1 “Tuhan Jesus Siparmahan”

Tuhan Jesus Siparmahan ganup biri-biri do
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham
Sai irikkononku Ham, sai irikononku Ham
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 104:28b

Anggo ibuha Ham tangan-Mu, bosur ma sidea bani na madear.
Apabila Engkau membuka tangan-Mu, mereka kenyang oleh kebaikan.

4. Renungan

Ada paham deisme yakni paham yang percaya pada keberadaan ‘Tuhan’ tetapi tidak percaya bahwa ‘Tuhan’ ini terlibat dengan alam semesta. Tuhan menurut deisme hanya menciptakan segala sesuatu, namun kemudian mundur untuk membiarkan penciptaan berjalan sesuai dengan hukum dan aturannya sendiri. Dengan kata lain ‘Tuhan’ deisme sebagai tuan tanah yang tidak hadir di dunia.

Nas hari ini menawarkan pandangan yang sangat berbeda tentang siapa Tuhan itu. Menurut Mazmur 104, Tuhan adalah pencipta dan pemelihara alam semesta. Tidak pernah absen dari penciptaan, Tuhan yang digambarkan dalam Firman Tuhan adalah penuh kasih memperhatikan apa yang telah diciptaNya.

Alkitab menjelaskan dengan jelas pertanyaan tentang asal mula bumi. Bumi dan semua isinya dicipta oleh Tuhan. Allah menciptakan langit maupun bumi, juga semua yang tinggal di dalamnya (Kej.1). Tuhan melakukan lebih dari sekedar menciptakan bumi dan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Allah juga menyediakan kebutuhan mereka. Tuhan menyediakan sarana untuk kelangsungan hidup kita, termasuk air untuk hewan, rumput untuk ternak, dan tumbuhan untuk dibudidayakan oleh manusia sehingga itu semuanya dapat memiliki makanan untuk ciptaan itu sendiri. Meskipun kita harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan kita, kemampuan dan sarana untuk melakukannya berasal dari Tuhan. Tuhanlah yang “memberikan benih kepada penabur dan roti untuk makanan” (2 Kor 9:10). Ini adalah bagian dari kasih Tuhan untuk dunia-Nya. “Semua makhluk mencari Allah untuk memberi mereka makanan pada waktu yang tepat. Ketika Allah memberikannya kepada mereka, mereka mengumpulkannya; ketika Engkau membuka tanganmu, mereka puas dengan hal-hal yang baik ”(ay.27-28).

Hidup dan mati kita ada di tangan Allah. Sama seperti Dia telah menghitung rambut di kepala kita, Tuhan juga menghitung hari-hari kita (Mat.10:29–31). Kita bergantung kepada-Nya untuk “hidup dan nafas dan segala sesuatu yang lain” (Kis.17:25). Semua yang kita punya dan semua yang kita butuhkan, sumbernya ada pada Tuhan. Ia sumber segala berkat. Maka jika kita memerlukan sesuatu datanglah padaNya. Ungkapkan seluruhnya ke hadapan Tuhan. Sebab Ialah sumber kehidupan dan senantiasa memelihara kita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 127:1 “Jahowa Siparmahan Au”

Jahowa Siparmahan au, aha pe lang hurangni
Na sambor pe sai ipalao, do humbai pinahanNi
Tudu ibaen na lambut in, lao pagoluhkon tonduyhin
Ibaen holong ateiNi

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**