Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu 30 Januari 2021
29/01/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 30 Januari 2021

1. Doding Haleluya No. 344:1

Jesus Tuhanku rajai Ham au on,
Ase mangihut Bamu au tongtong
Sai iankon Ham tongtong uhurhon.
Ulang be masuk na legan hujon.
Jesus pasonang uhurhu tongtong,
Totap marguru hu Bamu au on.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 91:14

Halani marpangunsandeian ia Bangku, jadi paluahon-Ku ma ia, patimbulon-Ku ma ia halani na tinandani goran-Ku.
Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

4. Renungan

Jemaat Tuhan,
Dalam lingkungan masyarakat Israel zaman Perjanjian Lama (konteks Mazmur 91), ada ancaman dari bangsa sekitar, ada bentuk bahaya lain yang sangat ditakuti, seperti wabah penyakit sampar, penyakit menular, setiap saat dapat merenggut nyawa siapa saja. Untuk mengatasi semua itu, pemazmur memperoleh jaminan keamanan dari rasa takut di dalam Allah. Pemazmur juga menyatakan imannya kepada Tuhan dan dengan tegas disaksikan bahwa Tuhan akan menyelamatkan orang yang percaya dari segala bahaya dan memberikan keselamatan. Orang yang percaya kepada Tuhan bersahabat dekat dengan Tuhan.

Hidup kita ini adalah suatu perjalanan (menuju Allah) penuh perjuangan dan tantangan. Bagi orang percaya Allah akan menyertai dan memperlihatkan keselamatan yang datang dari pada-Nya. Salah satu bahaya yang sangat ditakuti setiap orang di seluruh dunia termasuk di negara kita adalah wabah Covid-19, karena setiap saat dapat merenggut nyawa siapa saja. Satgas covid-19 RI pada tanggal 27 Januari 2021 yang lalu, menginformasikan bahwa sudah 1 (satu) juta orang lebih telah terpapar virus covid-19 di Indonesia.

Walaupun demikian, sebagaimana iman pemazmur, kita juga boleh mengatasi semua itu dengan jaminan keamanan dari rasa takut di dalam Tuhan. Dengan tetap berserah penuh kepada Tuhan, ada keyakinan Dia akan memberikan keselamatan. Tentu saja kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan 5 M: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas. Setiap orang yang berseru kepada-Nya, akan diberikan kasih setia-Nya. Ada suatu kepastian yang amat teguh bahwa Tuhan pasti menjawab doa kita. Untuk itu di kala sulitnya perjalanan hidup ini, marilah kita senantiasa belajar mempercayakan keselamatan hidup pada-Nya. Kita tetap diberkati dan menjadi berkat bagi sesama. Amin.

5. Doding Haleluya No. 327:1

Marpangunsandeian bani Tuhan in, puji sai pasangap ma goran-Ni in.
Monang halani Hata-ni Tuhan in, mangarapkon parpadanan in.
Sai mangarap, bani padanni Tuhanta Jesus Kristus.
Sai mangarap, ma hita bai partobuson-Ni in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**