Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 15 Februari 2021
15/02/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 15 Februari 2021

 

  1. Mandoding Hal no 248:1

Huhaholongi Ham gogohku huhaholongi Ham tongtong

In ma marhitei pambaenanku hunbani gok ni uhurhon

Ai Ham do manondangi au ronsi na matei au

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: 1 Korint 10 : 3-4

Anjaha haganup do sidea mangan sipanganon partonduyon na samasam ai, lanjar haganup do sidea manginum siinumon partonduyon na samasam ai. Ai minum do sidea humbani dolog batu partonduyon na mangirikkon sidea ai, anjaha Kristus do dolog batu ai.

Mereka semua makan makanan rohani yang sama dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengkuti mereka dan batu karang itu ialah Kristus.

 

  1. Renungan

Perjalanan bangsa Israel keluar dari Mesir ternyata bukan hanya menekankan tentang pembebasan umat Allah dari perbudakan tetapi ada banyak hal yang dapat kita pelajari di sana. Rasul Paulus menuliskan dalam surat Korintus ini tentang bagaimana orang Israel yang sama-sama berjalan dari Mesir, sama-sama mengalami kebaikan Tuhan, sama-sama merasakan penyertaan Tuhan, tetapi ternyata tidak sama dalam mentaati dan melakukan perintah Tuhan.

 

Firman hari ini mengingatkan bahwa semua umat yang dibebaskan Allah dari perbudakan Mesir, sesungguhnya dalam perjalanannya mereka ini senantiasa disertai oleh Tuhan. Melalui tiang awan dan tiang api mereka dituntun sekaligus dilindungi Allah. Dalam memenuhi kebutuhannya mereka juga menerima manna dan air dari sumber yang sama, yaitu dari Allah sendiri. Penyertaan Tuhan ini juga kita rasakan hingga saat ini, bahwa Tuhan mencukupkan kebutuhan kita.

 

Rasul Paulus ingin memperjelas bahwa iman kita akan mengatakan penyertaan Tuhan kepada semua umatNya adalah penyertaan Kristus. Kristus yang kita percayai saat ini adalah Kristus yang bekerja sejak awal bersama dengan Bapa. Dialah Tuhan kita yang kekal yang selalu melindungi kita. Karena kesetiaanNya sejak dulu sampai selamanya maka kita juga akhirnya bisa masuk ke dalam kerajaan Allah. Lalu yang diminta dari kita adalah kesetiaan kepada firman Tuhan, jangan seperti bangsa Israel yang menunjukkan ketidaksetiaannya.

 

Makanan dan minuman sebagai kebutuhan pokok sudah diberikan kepada kita, dan makanan yang menghidupkan kita yaitu Kristus juga sudah bersama dengan kita. Agar kehidupan dan kebebasan itu tetap milik kita maka kita diminta setia pada sumber kehidupan itu. Di masa pandemi ini kita diminta untuk tidak kehilangan arah yang akhirnya bisa membuat kita kehilangan kehidupan. Biarlah makanan minuman rohani yang disediakan Tuhan tetap menghidupi kita.

 

  1. Mandoding Hal no 338:1

Togu Ham ma au o Tuhan bai goluh dunia on

Na gogoh do Ham parholong, togu au na galek on

Roti surga, roti surga in sipanganonkin, in ma hagoluhankin

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**