Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 18 Februari 2021
17/02/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 18 Februari 2021

1. Doding Haleluya No. 352:1

Ai halongangan do hape, holongni Tuhan in
Itobus Kristus au hape, pardousa na doyuk
Tapi hubotoh, janah porsaya, bani gogohNi, pakon kuasa-Ni
Ai iparorot do tong goluhku, das bai parujungan in

Marhitei idop uhur in,
porsaya au tongon
Janah gogoh ni Hata-Nin pasonang uhurhon, Tapi hubotoh…psb

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 2 Korint 6:2a

Ai nini do: “Bani panorang idop ni uhur do ho Hutangihon, anjaha bani panorang haluahon do ho Huurupi”.
Sebab Allah berfirman: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau.

4. Renungan

Jemaat Tuhan…
Dalam perjalanan misinya banyak hal yang menjadi point penting yang disampaikan rasul Palus pada jemaat yang ditemuinya. Bila dalam nas kita hari ini, secara detail rasul Paulus menyampaikan tentang Kasih Karunia bagi umat yanng dijumpainya. Bahwa karena Kasih Karunia Allah, maka mereka yang telah percaya kepadaNya memeroleh keselamatan. Bahwa dengan kasih karunia itu juga, mereka yang tadinya berasal dari non Yahudi, menjadi umat Allah yang berhak atas kasih karunia dan keselamatan itu.

Benar bahwa integritas seseorang yang telah menerima kasih karunia itu, akan membentengi mereka dari ajaran-ajaran yang dapat menyesatkan, yang pada saat itu sedang bertumbuh di kota itu. Maka kasih karunia adalah hal yang terutama dalam kehidupan seorang Kristen, dan oleh karena itu maka rasul Paulus mengawali nas kita dalam ayat 1, dengan menekankan agar jangan membuat sia-sia Kasih Karunia Allah yang telah diterima jemaat Korintus tersebut.

Jemaat Tuhan….
Kasih Karunia berupa keselataman itu telah diberikan kepada umatNya, seperti yang tertulis dalam nas kita, Sebab Allah berfirman: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau.
Kata hari ini menghunjuk kepada waktu, ‘saat ini, right now”, bukan berbicara tentang hal yang akan datang future, tapi menghunjuk pada waktu sekarang. Ternyata Allah dalam rancanganNya kepada manusia telah memiliki perencanaan dan waktu yang matang, artinya bahwa ada saatnya Allah berkenan, dan keselamatan diberikan. Orang Kristen yang berhikmat adalah umat yang secara cerdas dapat mempergunakan waktu dan keselamatan yang ada padanya untuk menerima kasih karunia itu. Umat yang tidak hanya disibukkan dengan hal-hal yang ada di dunia, dan akhirnya terbelenggu dengan keinginan-keinginan dunia, tetapi umat yang harus berhikmat dan cerdas menggunakan waktu dengan iman dan perilaku yang berintegritas, sehingga kasih karunia itu tidak akan sia-sia dan keselamatan itu itu tidak akan berlalu dari hidupnya.

Jemaat Tuhan…
Benar bahwa kita semua adalah umatNya, dan kita juga telah menerima Kasih Karunia itu, sebagai orang yang telah menerima, tentu ada hal yang perlu kita lakuan untuk membentengi kita dari hal-hal yang dapat membuat kita terhanyut dan menjerumuskan kita. Melalui nas ini rasul Paulus menekankan kita, bahwa mari kita menggunakan hidup dan waktu kita sebaik mungkin dengan hikmat dariNya, sehingga kasih karunia itu tidak akan sia-sia, dan berlalu begitu saja. Ketika Dia berkenan, ketika Dia mendengarkan, ketika Dia menyelamatkan, dan ketika Dia menolong, kita ada dan siap menyongsong itu. Amin.

5. Bernyanyi Kidung Pujian “Bapa, Engkau Sungguh Baik”

Bapa Engkau sungguh baik
Kasih-Mu melimpah di hidupku
Bapa ku bert’rimakasih
Berkat-Mu hari ini yang Kau sediakan bagiku
Kunaikkan syukurku buat hari yang Kau b’ri
Tak habis-habisnya kasih dan rahmat-Mu
S’lalu baru dan tak pernah terlambat pertolongan-Mu
Besar setia-Mu di s’panjang hidupku

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**