Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 1 Maret 2021
28/02/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 1 Maret 2021

 

  1. Mandoding Hal no 5:1

Hupuji holong ni ateiMu o Tuhan Jesus Rajangkin

Bamu huondoskon tonduyhu ai do na pinindoMu in

Huhalupahon ma diringku mamingkir holong ni ateiMu

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 9 : 11

Halani ai martenger ni uhur Bamu do sagala na mananda goranMu, ai seng ongga itadingkon Ham sagala na mangindahi Ham, ale Jahowa.

Orang yang mengenal namaMu percaya kepadaMu, sebab tidak Kau tinggalkan orang yang mencari Engkau, ya Tuhan.

 

  1. Renungan

Pengalaman iman raja Daud menyebutkan bahwa Tuhan akan selalu berpihak kepada orang-orang yang datang kepadaNya. Dalam keadaan yang sangat tidak baik yang dialami oleh Daud, dia tetap mengandalkan Tuhan. Ketika Raja Saul menunjukkan ketidaksenangannya pada Daud, dia tetap mengandalkan Tuhan. Ketika Goliat yang sangat kuat itu ada di hadapannya, dia juga tetap mengandalkan Tuhan. Dia sudah merasakan bagaimana kebaikan Tuhan itu menjadi nyata dalam kehidupannya terlebih saat dia menghadapi tantangan bahkan ancaman dalam hidupnya.

 

Mengapa raja Daud bersaksi tentang kebaikan dan keberpihakan Tuhan? Dalam bacaan hari ini kita menemukan jawabannya yaitu karena Daud mengenal Tuhan. Pengenalan akan Tuhan tentu tidak cukup hanya dengan mengetahui secara logika siapa itu Tuhan. Tidak cukup hanya mengatakan bahwa Tuhan itu pencipta segala yang ada. Mengenal Tuhan yang dimaksud raja Daud adalah menjadikan Tuhan bagian dari hidupnya secara utuh.

 

Jika Tuhan menjadi bagian dari hidup kita maka kita tahu bagaimana menyayangi Tuhan dan kita tahu melayani Tuhan. Kita tahu apa yang Tuhan suka dan kita tahu kekuatan yang ada padaNya. Tuhan yang adalah pemilik hidup kita tentu akan berpihak kepada kita dalam segala hal yang kita hadapi. Dalam Mazmur ini sudah diungkapkan oleh Daud bahwa perlindungan Tuhan itu sungguh luar biasa bagi orang yang mengenalNya. Ini juga yang harus kita tunjukkan dalam kehidupan kita. Sudah banyak perbuatan baik Tuhan bagi kita, karena itu mari kita tetap berjalan bersama Dia.

 

Di saat kita masih menghadapi masa pandemi ini tentu kita tetap menunjukkan bahwa kita mengenal Tuhan, sehingga kita mampu menghadapinya dengan keteguhan hati. Vaksinasi sudah diberlakukan di sebagian dari masyarakat kita. Kita tetap berharap bahwa Tuhan campur tangan agar proses ini berjalan dengan baik. Keberpihakan Tuhan tetap kita harapkan ada pada kita agar kita mampu menjalani hidup ini dengan penuh harapan.

 

  1. Mandoding Hal no 118:2 (Tuhan Jesus Siparmahan)

Bai musim ni sipangagou Ham panjaga na gogoh

Anggo bokasMu hutonggor sai irikkononku Ham

Sai irikkononku Ham, Sai irikkononku Ham

Anggo bokasMu hutonggor sai irikkononku Ham

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

"2" Comments
  1. Marwan Saragih

    Anggo boi namin dapot hanami renungan harian gkps on setiap hari tks Tuhan memberksti

  2. St.Antonius Sitio

    Amen

Tinggalkan Balasan
**