Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 17 Maret 2021
17/03/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 17 Maret 2021

1. Doding Haleluya No. 137:1-2

Sadokah Jesuskin mangkasomani au
Maporus holsoh-holsohkin, sai Bani mando au.

Parmahan Jesuskin, biri-birini au
Itogu-togu tonduyhin, seng be marmara au.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Rom 11:36

Ai hum-Bani, marhiteihon-Si anjaha hu-Bani do haganupan in. Bani ma hasangapon sadokah ni dokah ni Amen!
Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

4. Renungan

Ada banyak orang di dunia yang tidak percaya terhadap Tuhan yang bekerja di tengah-tengah dunia ini, yang mengatakan bahwa dunia ini berjalan hanya mengikuti siklusnya saja tanpa ada yang mengontrol dan menguasainya. Belum lagi perkembangan sains yang demikian pesatnya, di mana dalam beberapa hal di dunia ini boleh dibuktikan kebenarannya lewat ilmu pengetahuan. Jadi seolah-olah mereka tidak membutuhkan Tuhan dalam dirinya. Bahkan ada yang yang mengatakan bahwa surga dan nereka hanyalah dongeng yang dibuat-buat untuk menakut-nakuti saja.

Mungkin saja perkataan-perkataan seperti itu muncul karena ketidak-mampuannya memahami dan menyelami karya Tuhan yang luar biasa untuk dunia ini. Ada saja orang yang tidak begitu peduli betapa dalam rancangan Tuhan untuk dunia yang diciptakan-Nya sendiri. Secara khusus kehadiran Allah ke dunia untuk menebus dosa manusia melalui Yesus Kristus masih ada yang tidak menerimanya.

Saudara sekalian tidak demikian dengan Paulus. Karya dan rancangan Tuhan menjadi kekaguman tersendiri bagi-Nya yang dipakai Tuhan sebagai alat-Nya untuk memberitakan karya-karya-Nya. Salah satu karya Tuhan yaitu Penebusan manusia oleh Yesus Kristus yang adalah bagian dari karya dan rancangan-Nya yang tidak terselami. Orang-orang mungkin berkata demikian: “Jikalau Dia memang ingin menyelamatkan manusia, selamatkan sajalah mereka yang hidupnya baik, yang menjalankan Firman-Nya sehari-hari. Yang hidupnya merasa paling dekat kepada Tuhan. Tidak usah berikan pengampunan kepada mereka yang berdosa, hajar dan hukum setiap kali seseorang berbuat dosa, biarlah yang selamat hanya Yahudi saja yang bukan Yahudi musnahkan saja”.

Namun tidaklah demikian. Karya penebusan yang menunjukkan dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan membuat kita termangu dan kagum akan karya-Nya. Dia adalah segala-galanya didalam segala sesuatu, Dia bertindak sebagai pelaku yang bebas melakukan apa yang dikehendaki-Nya karena Ia menghendaki-Nya dan tidak perlu menjelaskan apa saja yang diperbuat-Nya. Keselamatan itu diberikan kepada setiap manusia lewat anugerah-Nya. Akal manusia tidak akan sanggup menyelaminya, kita hanya bisa mengimani dan mensyukurinya. Hingga pada akhirnya kita hanya bisa berkata: segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!” Amin.

5. Doding Haleluya No. 236:1

Seng na tarhatahon haholongan ni
uhur ni Tuhanta bai pardousa in
Pusok do uhurni bani jolma in,
na so ra unduk bani hataNi in

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan
**