Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 10 Juni 2021
10/06/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 10 Juni 2021

1. Doding Haleluya No.116:1 “Na Monang in Do Da Use Mangankon”

Na monang in do da use mangankon buah ni hayu hagoluhan in. Lang boi be idahonni hamagouan ‘ge hamateian paduahon in. Ai Naibatani hatundalanni mambaen langkahni tongtong torang. Mambaen langkahni tongtong torang.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Yakobus 1:2-3

Nasiam sanina, hira nasiam ma in malas ni uhur tumang, anggo madabuh nasiam hubagas bagei ni parlajouan, anjaha botoh nasiam ma, na mangkorhon hasabaron do parlajouan na hubani haporsayaon nasiam.
Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.

4. Renungan

Jemaat Tuhan
Adalah hal yang mudah bagi seseorang ketika dalam situasi senang, maka dia akan berbahagia, tetapi sebaliknya adalah suatu hal yang berat bila seseorang dalam penderitaan, tetapi bila diminta untuk menghadapi penderitaan itu dengan hati yang bahagia. Agaknya nasehat yang diberikan oleh Yakobus kepada jemaat pada saat itu merupakan sesuatu yang luar biasa juga, karena tentu akan muncul pertanyaan, bagaimana mungkin seseorang dapat merasa bahagia saat ia menderita? Karena seyogianya penderitaan akan membawa seseorang berada pada situasi yang sulit, dan jauh dari sukacita/kebahagiaan.

Jemaat Tuhan
Tentu Yakobus memiliki alasan sehingga memesankan ayat ini kepada jemaat pada saat itu. Keadaan jemaat yang sedang menderita, dan penderitaan itu berasal dari orang-orang yang ada di sekitar mereka, di mana alasan iman menyebabkan mereka menderita. Ya, jemaat pada saat itu menderita karena mereka harus mempertahankan keimanan mereka kepada Kristus, walaupun mereka harus dianiaya, disiksa karena iman mereka. Ini merupakan ujian akan iman mereka, bagaimana mereka mampu bertahan dalam iman mereka, dan apabila mereka bertahan, maka ketekunan mereka akan teruji. Jadi penderitaan tidak semata-mata menyebabkan seseorang merasa kehidupan ini berat, tetapi melalui nas kita hari ini, kita diajak untuk melihat sisi lain dari penderitaan yaitu proses untuk menuju kepada ketekunan iman, karena iman jemaat itu telah teruji, sehingga akhirnya sampai kepada titik akhir yaitu bahagia dalam penderitaan.

Jemaat Tuhan
Penderitaan juga tidak akan terlepas dari kehidupan kita, mungkin tidak seperti penderitaan yang dialami oleh jemaat pada saat itu, tetapi kita tetap berperang dalam mempertahankan iman kita. Nas ini mengharapkan kita untuk tetap bersabar dalam proses, karena apapun yang kita alami itu adalah ujian untuk menuju ketekunan iman kita kepada Allah. Maka bersabarlah dalam proses, sehingga akhirnya kita memeroleh kebahagiaan bahkan dalam penderitaan sekalipun. Amin.

5. Bernyanyi Kidung Pujian “Selidiki Aku”

Selidi aku, lihat hatiku, apakah ‘ku sungguh mengasihi-Mu Yesus
Kau yang Maha Tahu, dan menilai hidupku, tak ada yang tersembunyi bagi-Mu
‘Tlah kulihat, kebaikan-Mu yang tak pernah habis, dihidupku
‘Kuberjuang sampai akhirnya, Kau dapati aku tetap setia.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**