Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 10 Juli 2021
10/07/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 10 Juli 2021

1. Doding Haleluya No. 200:1

Aha ma dodingkononku ase pujionku Ham.
Ale Tuhan Naibatangku Ham ma mangurupi au
Seng na tarpajojor ahu, holongMu tongtong hubangku.
Halanin hupuji do Ham marribu hali lo.

2. Tonggo

3. Ayat harian: Heber 10:24

Pardiateihon hita ma samah hita, ase marsiojuran hita mandalankon holong ampa horja na madear.
Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan pekerjaan baik.

4. Renungan

Kata “marilah” dalam nas ini merupakan seruan semua orang-orang Kristen. Tetapi seruan ini bukanlah yang pertama. Tetapi kata seruan sudah di mulai pada ayat 19 pasal 10 dengan kata: “jadi saudara-saudara.” Di dalam ayat 23 diserukan agar berpegang teguh pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia yang menjanjikannya setia. Kemudian, di dalam nas renungan ini kita diserukan agar saling memperhatikan, saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Intinya setiap orang Kristen dipanggil untuk bertekun dalam iman, pengharapan dan kasih.

Konteks kehidupan orang Kristen pada saat surat Heber dituliskan adalah dalam penderitaan karena penganiayaan dari pihak luar. Iman mereka diuji dalam komunitas kekristenan. Ada sebagian orang karena tidak tahan menderita, mereka mundur atau menyangkal imannya. Dalam pergumulan dan perjuangan tersebut penulis surat Ibrani mendorong iman dan kasih serta pengharapan orang-orang Kristen. Saling memberi semangat dengan membangkitkan semangat serta memberikan dorongan kepada sesama. Bersama-sama maju dalam iman, pengharapan dan kasih.

Memang dalam mewujudkan kasih tersebut tidaklah mudah. Untuk itulah kita butuh kekuatan dari Tuhan melalui Roh Kudus-Nya. Sehingga kita dimampukan Tuhan untuk menghadapi ujian iman dalam kehidupan ini. Secara khusus akibat pandemi Covid-19. Bersama-sama kita bisa beriman teguh serta tetap disiplin protokol kesehatan 5 M. Walaupun sudah divaksin tetap tidak lengah. Melalui nas ini setiap orang Kristen diingatkan janganlah mencoba menjadi Kristen yang individual. Karena Tuhan memberikan gereja untuk saling mendukung dan saling membantu. Kita harus mau memberi dan menerima dorongan, satu dengan yang lain, dalam kasih dan perbuatan baik. Dengan demikian persekutuan dan pelayanan kita berdampak, menerima dan membagikan berkat. Amin.

5. Doding Haleluya No. 348:1

Sauhur sapanriah ma, ganup kuria in.
Marhasadaon na dear, ibagas Tuhan in.
Riap ma hita haganup, mamuji Tuhan rup.
Mardamei marsiurupan, marsihaholongan.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**