Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 16 Juli 2021
15/07/2021 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 16 Juli 2021

1. Doding Haleluya No. 205:1 “Hata ni Jahowa”

Hata ni Jahowa Sipadamei jolma, hagoluhan in
In malas ni uhur, na mangapoh uhur namarhoru in
Gogoh ni Naibatangkin, paluahkon na porsaya humbai ganup dousa

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Podah 15:23

Malas ni uhur do ai bani halak anggo hona balosni, anjaha jengesan ai, sangkababah hata na topat bani panorangni.
Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya.

4. Renungan

Situasi saat ini bisa jadi membuat kita risau, kuatir, takut dan sedih. Karena tantangan sudah di depan mata. Yang kita butuhkan pada saat ini bagaimana kita dapat saling mendukung dan saling menguatkan satu dengan yang lain. Ketika ada saudara kita yang sedang sakit maka sapaan dan tindakan kita sangat dibutuhkannya. Setiap orang saat ini membutuhkan dukungan dari sesamanya, teman, sahabat dan keluarga. Sebab kepedulian dan kasih adalah obat yang manjur dapat memberi pemulihan kepada saudara-saudari kita. Tentu ini adalah harapan kita agar setiap saudara-saudari kita bahkan kita semua menikmati kesembuhan dan kesehatan dari Tuhan.

Salomo mengajarkan kita agar kita menjadi orang yang bijak, yang dapat menolong orang lain lewat kata-kata yang baik, memberi motivasi kepada setiap saudara yang membutuhkan pada saat yang tepat. Sekaranglah saatnya untuk menunjukkan benih-benih kebaikan dari dalam pribadi kita. Ada banyak orang yang butuh topangan lewat doa, lewat kata-kata yang baik, untuk menguatkan saudara-saudari kita dalam melanjutkan kehidupan ini. Salomo mengatakan bahwa perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak (Ams 25:11). Tentu setiap kita, pasti ingin berdampak baik bagi orang lain.

Orang bijak pasti akan tahu menempatkan setiap perkataannya kepada orang yang tepat, suasana yang tepat dan waktu yang tepat. Maka di saat kebanyakan orang sedang di landa kecemasan, kekuatiran bagaimana lepas dari pandemi ini maka jadilah orang yang berhikmat. Ketika kita berkomunikasi baik lewat kata-kata kita, maupun lewat media sosial, lakukanlah semuanya dengan baik, yang dapat menyemangati orang yang mendengar dan membaca setiap perkataan kita, sehingga itu akan menaikkan imun orang lain dan memberkati orang banyak. Amin.

5. Doding Haleluya No. 18:1 “Hata-Mu ale Tuhanku”

Hata-Mu ale Tuhanku, arta siharganan ai.
Sai palongkot bai uhurhu, ulang lang hujolom ai.
Anggo seng be sijoloman Hata na madear in,
Aha ma na baen onjolan ni haporsayaonkin.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**