Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 7 Februari 2022
6 Februari 2022 TATA IBADAH

1. Mandoding Haleluya No. 406:1
Hatahononta diatei tupa ma, ai negaranta tanoh na lambut.
Laut bolag dolog ni pe ratah, talun jenges appar do haganup.
In haganupan pasu-pasuNi simada kuasa Tuhan Naibata.
In haganupan pasu-pasuNi simada kuasa Tuhan Naibata.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 37:7
“Sip ma ho i lobei ni Jahowa, anjaha pahamot Ia; ulang ma sogam uhurmu mangidah halak na mardohar dalanni, mangidah halak sihorjahon panipuon.”

“Berdiam dirilah di hadapan Tuhan dan nantikanlah Dia; janganlah marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya.”

4. Renungan
Secara manusiawi memang kita bisa terganggu melihat orang lain lebih sejahtera secara ekonomi, apalagi ketika kita mengetahui bahwa itu semua ia peroleh dari cara yang kurang tepat. Kita terkadang merasa sedih melihat situasi itu dan merasa bahwa ketidakadilan itu nyata di dunia ini.

Ketika melihat keadaan yang demikian, respons yang muncul bisa bermacam-macam. Ada yang merasa frustrasi atau sedih, ada yang bereaksi dengan unjuk rasa menuntut keadilan, ada yang mengangkat di media sosial, ada juga yang langsung berbicara kepada yang bersangkutan. Dan yang memberi respons itu ada orang yang beriman, ada yang hanya memiliki identitas agama tanpa iman, dan ada yang sama sekali tidak ingat Tuhan atau ajaran agamanya.

Raja Daud mengingatkan melalui ayat harian ini agar jati diri kita sebagai orang beriman jangan terusik karena situasi itu. Meskipun kita memang pasti terganggu namun jangan menjadi kabur identitas kita. Kita tahu bahwa Tuhan pasti tidak senang dengan sikap orang yang melakukan kejahatan. Tuhan tidak menginginkan orang hidup bahagia dengan kejahatannya, dan Tuhan akan bertindak untuk menegakkan keadilan. Karena itu berdiam dirilah dan nantikan Tuhan bertindak sebagai bukti keberimanan kita padaNya.

Sebagai umat Allah kita tidak berhak menghakimi, kita hanya berhak mengadukan pada Tuhan ketidakadilan yang kita lihat atau kita rasakan. Dengan kita menyadari semua ini maka kita akan mampu meneruskan hidup kita dengan baik dan tetap berharap akan kebaikan dan berkat Tuhan yang berpihak kepada kita. Amin.

5. Mandoding Haleluya No. 334:3
Anggo ikawahkon ham na bayak in, na gok arta duit pakon omas in.
Ingat ham ma arta sijengesan in. Sijaloonmu use i surga in.
Ulang lupa ham bai layakNiin, ganup ari sai bilangi in.
Sai bilangi pambaenanNi in, in ma pasu-pasu ni Tuhanta in.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**