Menu
Categories
Alumni PPRA Lemhanas Bertemu di Kantor Sinode GKPS dan Berkomitmen Berkolaborasi Membangun Sumut
23 April 2022 BERITA

PEMATANGSIANTAR.GKPS.OR.ID. Ephorus GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba dan Anggota DPR-RI Komisi 7 Drs. Hendrik Sitompul, MM bertemu di kantor Sinode GKPS, Jl. Pdt. J. Wismar Saragih, Pematangsiantar, pada Selasa (19/4) siang.

 

Kunjungan Hendrik ke kantor Sinode GKPS di dampingi oleh empat orang staf ahlinya, Dansisko Paranginangin, Job Rahmad Purba, Delfius Ginting dan Kodrat Naibaho, dan disambut oleh Ephorus dan Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe serta Kepala Bagian Humas GKPS Pdt. Bima Gustav Saragih.

 

 

Pdt. Deddy Fajar dan Hendrik Sitompul ternyata alumni PPRA Lemhanas. Hal ini diketahui setelah sebelumnya Hendrik memperkenalkan dirinya kepada Pimpinan Sinode GKPS, yang selain kesehariannya sebagai Anggota DPR-RI dari Dapil Sumut I dan kini duduk di Komisi 7, juga merupakan alumni PPRA Lemhanas LII. Sementara itu Hendrik Sitompul mengetahui Ephorus GKPS sebagai alumni PPRA Lemhanas LV setelah Sekjend GKPS memperkenalkannya.

 

Informasi dari masing-masing pihak semakin membuat suasana pertemuan semakin hangat dan akrab. Ditambah lagi Hendrik sebagai sosok yang memang dari anak-anak sangat dekat dengan kegiatan gerejawi.

 

Hendrik Sitompul yang pada dua bulan lalu (18/2/2022) melalui Rapat Paripurna DPR-RI dilantik sebagai anggota DPR-RI masa Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024 ini, berkeinginan agar tugas-tugasnya sebagai “penyambung lidah konstituennya” didukung penuh oleh Sinode-sinode Gereja yang ada di Sumatera Utara.

 

“Pagi tadi saya berkunjung ke kantor Sinode GKPI, dan disambut oleh Bishop dan Sekjend GKPI. Siang ini saya datang ke kantor Sinode GKPS untuk bertemu dengan Pimpinan Sinode GKPS, Ephorus dan Sekjend. Kehadiran saya ini murni untuk meminta dukungan dan doa dari Sinode Gereja-gereja di Sumatera Utara agar tugas-tugas saya sebagai wakil rakyat benar-benar bermanfaat”, tutur Hendrik.

 

Ditambahkannya, ia tidak pernah membayangkan kalau dirinya dilantik sebagai anggota DPR-RI. Oleh sebab itu Hendrik berkomitmen untuk menggunakan amanah yang diberikan dengan sebaik mungkin demi kemaslahatan orang banyak.

 

“Tak pernah terpikirkan saya lagi kesempatan ini datang menghampiri (anggota DPR-RI. red). Dua tahun belakangan ini saya fokus membangun usaha yang selama ini saya geluti. Tapi ternyata Tuhan berkata lain. Dia kasih kesempatan bagi saya untuk tak jemu-jemu berbuat baik dan memakai hidup ini sebagai kesempatan sebagai saluran berkat”, tegas Hendrik.

 

Sementara itu Ephorus GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba sangat mengapresiasi kunjungan Hendrik ke kantor Sinode GKPS. Ephorus menyampaikan bahwa kunjungan Hendrik membawa angin segar bagi GKPS, terlebih pada periode 2020-2025, di mana salah satu pilar rencana strategis (renstra) GKPS adalah membangun kemitraan strategis, termasuk salah satunya kepada anggota dewan di seluruh tingkatan.

 

“Kami Pimpinan Sinode GKPS mengucapkan terima kasih atas perkenanan pak Hendrik berkunjung ke kantor ini (kantor sinode GKPS. red). Memang dari segi jumlah, GKPS relatif kecil dibanding gereja-gereja yang ada di Indonesia ini. Namun kehadiran GKPS menyebar dari Sumatera hingga ke Bali. Saat ini GKPS sedang berbenah dalam banyak hal, dan salah satu pilar penting adalah membangun kemitraan strategis dengan banyak pihak, termasuk anggota dewaan”, ucap Ephorus.

 

Dilanjutkan Ephorus, dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara, GKPS berkomitmen menjadi gereja yang terbuka bagi semua kalangan dan terus berupaya merawat kebhinekaan.

 

“GKPS merupakan gereja yang terbuka bagi semua kalangan. Apalagi dalam tatanan berbangsa dan bernegara, GKPS berkomitmen bahwa NKRI adalah harga mati dan kebhinekaan harus terus dirawat. Untuk itu GKPS terus menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh elemen, baik pemerintah, masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga keagamaan”, terang Ephorus.

 

Pada kesempatan itu, sebagai bentuk sukacita GKPS, Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe memperkenalkan sekilas tentang pelayanan GKPS kepada Hendrik Sitompul, diantaranya pelayanan dalam bidang pertanian organik, rehabilitasi bersumber daya masyarakat, dan persiapan perayaan 120 tahun masuknya Injil di Simalungun.

 

“GKPS saat ini sedang berupaya menggalakkan pertanian organik di beberapa wilayah, khususnya di perbatasan Karo. Selain sektor pertanian, GKPS juga sedang fokus pada pelayanan terhadap kaum disabilitas melalui unit pelayanan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM). Dan yang terakhir, kami sedang mempersiapkan rangkaian kegiatan menyongsong perayaan 120 tahun masuknya Injil di Simalungun”, terang Sekjend.

 

Hendrik Sitompul pun pada kesempatan kunjungan ini menjelaskan program kerja yang dilakukannya sebagai anggota DPR-RI. Melalui staf ahlinya, Hendrik Sitompul memfokuskan pada program pengadaan listrik gratis bagi masyarakat, lampu penerangan jalan, dan program pelatihan.

 

“Sebagai anggota dewan, pak Hendrik juga memiliki program kerja yang bisa dinikmati oleh konstituennya, berupa program pengadaan listrik gratis bagi masyarakat, lampu penerangan jalan dan 12 program pelatihan”, terang Job Rahmad Purba, tenaga ahli Hendrik Sitompul.

 

Mendengar program kerja tersebut, Pimpinan Sinode GKPS menyatakan kesiapan untuk berkolaborasi dengan Hendrik Sitompul agar program kerja tersebut dapat berjalan dan berguna bagi masyarakat.

 

GKPS siap memfasilitasi agar program-program Hendrik sebagai anggota dewan berdampak bagi masyarakat. Sebaliknya Hendrik pun demikian, siap membantu fokus pelayanan yang sedang dikerjakan oleh GKPS.

 

Diakhir pertemuan, sebagai tanda kekeluargaan, Pimpinan Sinode GKPS mengkalungkan syal hasil karya tangan RBM dan mendoakan Hendrik Sitompul.(bgs/hks)

 

Comments are closed
**