Menu
Categories
PEMBUKAAN SIDANG SINODE BOLON GKPS KE-45 DIHADIRI PLT. WALIKOTA DAN DUA BUPATI
28 Juni 2022 BERITA

PEMATANGSIANTAR.GKPS.OR.ID. Pembukaan Sidang Sinode Bolon (SSB) GKPS Ke-45 berlangsung di Balai Bolon GKPS, Jl. Pdt. J. Wismar Saragih, Pematangsiantar, pada Selasa (28/6) sore.

Selain dihadiri para sinodestan, tampak hadir pada pembukaan SSB GKPS Ke-45 Plt. Walikota Pematangsiantar, Bupati Simalungun, Bupati Dairi, Staf Khusus Menkumham, Perwakilan Gubernur Sumut, Perwakilan Kapolda dan Kapolres, serta Perwakilan Ketua DPRD Provinsi-Kota-Kabupaten. Tak ketinggalan Pimpinan Gereja dari HKI, GKI Sumut, HKIP; Mitra dari UEM dan KN-LWF, dan juga tokoh-tokoh gereja dan tokoh masyarakat lainnya .

Dengan mengucap syukur kepada Allah Tritunggal, sembari memukul gong tiga kali, Pimpinan Sinode GKPS bersama dengan para tamu undangan, membuka resmi SSB GKPS ke-45.

Pemukulan gong dilakukan oleh Ephorus GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba, sedangkan sambutan disampaikan oleh Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe

Dalam sambutannya, Sekjend GKPS menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut mendukung penuh kerja panitia dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan SSB ke-45.

“Kita patut bersyukur atas perkenaan Tuhan pada hari ini, sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam moment pembukaan SSB GKPS ke-45. Tak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-bersarnya kepada seluruh pihak, baik warga jemaat, pemerintah, kepolisian, mitra, dan pimpinan gereja, yang telah mendukung dan bersedia hadir pada pembukaan SSB GKPS ke-45 ” ucap Pdt. Paul.

Sebagai bentuk ungkapan terima kasih dari GKPS kepada para tamu undangan, keenambelas orang tamu undangan yang sudah berkenan hadir, diberikan kenang-kenangan berupa suri-suri hasil kerajinan tangan RBM.

Sebelum dikalungkan, Ephorus GKPS menyampaikan pesan sederhana bahwa suri-suri yang dikalungkan kepada para tamu undangan merupakan tanda persahabatan, oleh sebab itu Ephorus mengaharapkan agar kemesraan hari itu janganlah cepat berlalu.

Para tamu undangan dari unsur mitra GKPS yang diberi kesempatan menyampaikan kata sambutan, mengapresiasi keterlibatan dan partisipasi GKPS dalam membangun gerakan oikoumene, baik di tingkat wilayah Sumatera Utara, Nasional, demikian juga dalam skop internasional. Hal ini diutarakan oleh Moderator UEM Pdt. Rosmalia Barus dan Ketua PGI Wilayah Sumut Pdt. Yafet Marbun.

Selain itu, ada harapan yang disampaikan oleh tamu undangan dari unsur pemerintah, kepolisian dan tokoh masyarakat, agar SSB GKPS ke-45 merumuskan progam dan kebijakan yang membangun warga jemaat serta masyarakat, baik dari segi spiritual maupun juga tanggungjawab sebagai warga negara.

Pembukaan SSB GKPS ke-45 dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Nolden Lingga, S.Th, MA sebagai liturgis, Pdt. Henky A. Simarmata, S.Th sebagai pembawa nyanyian dengan dibantu tim musik di bawah binaan Pdt. Ito Belihar Purba, M.Sn, doa syafaat oleh Pdt. Jansudiaman Sinaga, S.Th, serta Pengkhotbah Pdt. El Imanson Sumbayak, M.Th.

Dalam khotbahnya, Pdt. El Imanson yang mengutip Efesus 4:3 menekankan perlunya menjaga keutuhan dan kesatuan dalam hubungan antar pribadi di dalam jemaat selaku tubuh Kristus.

Pada ibadah pembukaan SSB GKPS ke-45 ini, selain diisi dengan nanyian bersama, RBM GKPS, YP GKPS dan Gemende Koor GKPS Padang Bulan turut ambil bagian mempersembahkan kidung pujian.

Di samping itu, pada ibadah pembukaan, Pimpinan Sinode GKPS melantik Anggota Sidang Sinode Bolon Pergantian Antar Waktu Periode 2020-2025.

Setelah ibadah pembukaan selesai, acara diteruskan dengan upacara nasional yang dipandu St. Nedy Ivo Saragih dan St. Frida Purba, dan mendengarkan laporan ketua panitia.

St. Dr. Hisarma Saragih, M.Hum menyampaikan bahwa SSB GKPS ke-45 yang akan berlangsung pada Selasa sampai Jumat, 28 Juni-1 Juli 2022, akan diikuti sebanyak 460 orang sinodestan. Sehubung dengan angka kasus Covid-19 beberapa hari belakangan ini menembus ribuan kasus, maka setiap sinodesta diwajibkan mematuhi protokel kesehatan dengan tetap memakai masker dan hand sinitizer yang telah dibagikan panitia ke masing-masing peserta. (bgs/hks)

 

 

Comments are closed
**