Menu
Categories
MEMBERITAKAN INJIL ADALAH TUGAS GEREJA YANG TIDAK PERNAH BERUBAH SEPANJANG ZAMAN
1 Juli 2022 BERITA

PEMATANGSIANTAR.GKPS.OR.ID. Memberitakan Injil adalah tugas gereja yang tidak pernah berubah sepanjang zaman, demikianlah hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, M.Th, dalam sesi ceramah di Sidang Sinode Bolon (SSB) GKPS ke-45, pada Rabu (30/6) pagi.

Dimoderatori oleh Pdt. Jhon Martin Damanik, M.Th, Pdt. Gomar menegaskan kembali bahwa Injil adalah berita sukacita bagi semua makhluk.

“Inti sari Injil adalah berita sukacita, dimana Kristus memperdamaikan segala sesuatu dengan Allah (Kol. 1:15-20), dan darah Kristus memulihkan kemanusiaan yang telah rusak sebelumnya. Dengan demikian masyarakat umum harus kita libatkan dalam misi mengabarkan berita sukacita itu, dan makhluk ciptaan bukanlah objek melainkan subjek dari pekabaran Injil tersebut”, tegas Pdt. Gomar.

Lebih lanjut Pdt. Gomar menyampaikan bahwa dalam misi penginjilan-Nya, Yesus bertitik-tolak pada pengajaran, khotbah dan penyembuhan.

“Pada masa sending, lembaga penginjilan yang bekerja di Indonesia fokus pada pengajaran, khotbah, dan penyembuhan, sebagaimana yang telah Yesus lakukan. Namun pada masa kini, misi penginjilan gereja mulai bergeser dan berfokus hanya pada penginjilan melalui mimbar, cenderung mengabaikan pengajaran dan pengobatan”, terangnya.

Mengamati fenomena tersebut, Pdt. Gomar mengajak gereja-gereja di Indonesia untuk merevitalisasi gerakan penginjilannya, khususnya dalam konteks Indonesia yang majemuk.

“Gereja ada di dunia ini menghadapi tugas kekinian sekaligus ada dalam perjalanan menuju akhir zaman. Tugas gerejalah untuk mengupayakan dunia sebagai rumah yang ramah untuk di diami bersama, terbuka terhadap dunia luar yang tak terpisah dari kehidupa sosial dan politik, serta memaknai ulang bahwa gereja sebagai institusi bukanlah sebagai tujuan melainkan menjadi roh pembebasan masyarakat” pungkas Pdt. Gomar.

Di akhir sesi ceramah, Pimpinan Sinode GKPS menyampaikan ucapan terima kasih atas perkenaan Pdt. Gomar Gultom yang telah bersedia berbagi waktu menyampaikan ceramah dalam SSB GKPS ke-45.

“Kami sangat diberkati dengan kehadiran dan materi ceramah yang disampaikan pak Pdt. Gomar.

Ini menjadi bekal bagi kami untuk menggumuli misi penginjilan GKPS dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk”, ucap Ephorus GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba.

Ditambahkan Ephorus, “dalam misi oikoumene di tingkat regional dan nasional, GKPS akan selalu mendukung PGI, dan jika dibutuhkan, tenaga pelayan dari GKPS siap untuk mendukkung pelayanan di PGI”, tutup Ephorus.

Sebelum meninggalkan kompleks Balai Bolon GKPS, Pdt. Gomar Gultom, Pimpinan Sinode GKPS dan Panitia SSB GKPS ke-45 menyempatkan diri sejenak untuk sesi foto bersama. (bgs/hks)

 

Comments are closed
**