Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 18 Juli 2022
17 Juli 2022 TATA IBADAH

1. Mandoding Haleluya No. 303:1
Na Pansing Na Pansing Tuhan parkuasa,
ari on hanami mamuji Naibata.
Na Pansing Na Pansing janah marjumbalang
Sitolu sada na sangap tumang.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: 2 Timoteus 4:5
“Tapi anggo ham, torang ma uhurmu pasal haganup, tahan ibagas hasunsahan, dalankon horja parambilanon anjaha gok dalankon tugasmu.”

 

“Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
peneguhan atau penguatan sangat kita perlukan dalam menjalankan tugas atau tanggung jawab kita. Kita menyadari bahwa dalam menjalankan tugas atau pekerjaan, ada banyak hal yang bisa mengganggu. Gangguan itu bisa dari sekitar kita, dan bisa juga dari dalam diri kita. Mungkin ada orang yang tidak senang dengan kerja kita atau dengan diri kita. Mungkin ada gangguan dalam diri kita, sehingga kita merasa tidak lagi bersemangat untuk mengerjakan tugas kita. Itu semua ada pergumulan yang bisa dialami oleh setiap orang.

 

Kehadiran orang lain dalam hidup kita juga bisa memberi dampak negatif, tetapi juga dampak positif. Saudara atau kerabat bisa menopang kita dalam menjalankan tugas kita, tetapi bisa juga mengganggu kita dengan pikiran atau ide yang tidak sejalan dengan kita. Karena itu kita diminta untuk selalu setia untuk memperbaharui diri atau menyegarkan diri kita.

 

Rasul Paulus juga berperan dalam kehidupan Timotius, yang dianggapnya sebagai anaknya. Paulus menginginkan Timotius untuk tetap setia pada panggilannya, karena akan tiba saatnya orang tidak mau mendengar, atau orang lebih suka kepada ajaran yang menyenangkan hati saja. Mereka lebih suka pada ajaran yang membuat mereka bahagia tanpa ada beban atau rasa tanggung jawab yang harus dipikul. Karena itu, rasul Paulus mengingatkan agar Timotius menguasai dirinya, sabar menderita, dan tetap setia menjalankan tugasnya. Jangan terganggu dengan suasana yang menghalangi atau menentang pekerjaannya.

 

Tentu saja, firman Tuhan ini juga disampaikan kepada kita agar kita setia dan mampu menjalankan tanggung jawab kita dengan baik. Kekuatan dari Tuhan akan selalu menopang kita, meskipun terkadang godaan atau tantangan dari sekitar kita cukup kuat untuk menghambat panggilan kita. Ketika kita mampu menguasai diri kita, termasuk emosi atau perasaan kita, maka kita akan mampu melakukan tugas kita dengan baik. Kita harus tetap mengingat bahwa tugas dan pekerjaan itu adalah anugerah Tuhan yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 145:3
Horjahon bujur hata-Ni ganup, sai monang jojor baenon-Ni ganup.
Ai Ia do Raja na monang tongtong, patitir pe bala manginsurut tong.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**