Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Sabtu, 30 Juli 2022
29 Juli 2022 TATA IBADAH

1. Mandoding Haleluya No. 113:1
Asal rap ampakon Tuhan Jesus au.
Sadokahni mangiankon tanoh hasunsahan au.
Sonang do uhurhu, ai hubotoh Jesus hasomanku.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat harian: Psalmen 78:3-4
“Na dob binogeinami ampa binotohnami, na tinuri-turihon ni na lobeita hu bennami. Seng bulih ponopkononnami ai bani niombah ni sidea, tapi maningon baritahononkon do bani sundut na mangihut; ai ma pambahenan sipasangap Jahowa, pakon hagogohon-Ni, ampa halongangan na binahen-Ni ai.”

 

“Yang telah kami dengar dan kami ketahui, dan yang diceritakan kepada kami oleh nenek moyang kami, kami tidak hendak sembunyikan kepada anak-anak mereka, tetapi kami akan ceritakan kepada angkatan yang kemudian puji-pujian kepada TUHAN dan kekuatan-Nya dan perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya.”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
setiap orang tua pasti pernah menyampaikan cerita kepada anak-anaknya. Bisa jadi cerita itu berupa cerita dongeng yang mempunyai pesan moral yang berguna dalam kehidupan sehari-hari anak-anak. Bisa juga cerita tentang kisah nyata kehidupan dahulu. Tujuannya adalah agar anak-anak mereka bersyukur kepada Tuhan dan menjalani hidup dengan tetap setia, jujur dan taat melakukan kehendak Tuhan. Dengan kata lain, mereka tidak melupakan sejarah kehidupan orang tua mereka yang tidak luput dari penyertaan dan berkat TUHAN.

 

Mazmur ini adalah nyanyian pengajaran Asaf agar bangsa Israel jangan melupakan sejarah. Tetapi bukan semata-mata agar mengingat pahlawan mereka. Tetapi agar umat Tuhan itu jangan melupakan karya-karya Tuhan kepada nenek moyang dan di dalam hidup mereka sendiri. Ia juga menyatakan bagaimana perbuatan-perbuatan yang jahat yang pernah dilakukan di hadapan Tuhan. Hal itu menyebabkan mereka terbuang ke Babel. Tetapi Tuhan memberikan pengampunan, karena kasih dan anugerah Tuhan. Ia menceritakan sejarah tersebut agar mereka tetap mengingat penyertaan Tuhan. Kedua, agar mereka tidak memberontak kepada Tuhan. Karena itu, mazmur ini adalah peringatan dan pengajaran kepada bangsa Israel untuk setiap generasi.

 

Jemaat yang dikasihi Tuhan,
melalui nas ini, kita juga diingatkan agar jangan pernah melupakan kebaikan Tuhan. Tetapi tetap menceritakan kebaikan dan keajaiban yang telah kita terima dari Tuhan kepada anak-anak kita. Agar mereka juga melihat dan mempercayai kasih Tuhan melalui Yesus Kristus, Sang Juruselamat hidup kita. Kita semua tidak menutup-nutupi kebaikan yang telah kita alami bersama Tuhan. Tapi kita menyanyikan nyanyian puji-pujian dan ucapan syukur kepada Tuhan atas perbuatan-Nya yang ajaib. Dengan demikian, keluarga kita dilingkupi sukacita, damai sejahtera, dan berkat Tuhan. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 490:1
Sonang rapkon Jesus in, rapkon Jesus tongtong, rapkon Jesus tongtong,
Ia Panondang bai na golap in, rap Jesus daoh biar ijin.
Baritahon Jesus in, pakon hasintonganNin, janah ulang mabiar ham ijin.
Baritahon Jesus in, pakon hasintonganNin, janah ulang mabiar ham ijin.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

 

Comments are closed
**