Menu
Categories
GKPS SIAP BERKOLABORASI DENGAN POLRES SIMALUNGUN DALAM MENJAGA KAMTIBMAS
4 Agustus 2022 BERITA

PEMATANG SIANTAR. GKPS. OR. ID. Kapolres Simalungun yang baru, AKBP Ronald F. C. Sipayung S.H., S.I.K., M.H. melaksanakan silaturahmi ke kantor Sinode GKPS di Jl. Pdt. J. Wismar Saragih, Pematang Siantar, pada Rabu (3/8) siang.

Kedatangan rombongan Kapolres Simalungun disambut langsung oleh Pimpinan Sinode GKPS, Ketua Majelis Pendeta, Kadep. Persekutuan, Kabiro. Administrasi, Kepala SPI serta Kabid. Penginjilan dan Kabag. Humas, di ruang kerja Ephorus, komplek kantor Sinode GKPS.

Silaturahmi berjalan dengan penuh suasana keakraban dan kekeluargaan, terlebih lagi AKBP Ronald bukanlah sosok yang asing di GKPS.

Kapolres Simalungun ini ternyata cicit dari tokoh pendidikan Simalungun, Guru Jason Saragih. Selain itu kedua orangtuanya juga merupakan warga GKPS. Dan hal yang semakin mempererat tali silaturahmi GKPS dengan AKBP Ronald, bahwa dimana pun mantan Kapolsek Parapat ini ditugaskan, ia akan mengupayakan berjemaat di GKPS, seperti yang dilakukannya selama bertugas di Kalimantan, Jakarta, dan Sumut.

“Saya merasa terharu sekaligus bangga di tempatkan pimpinan Polri bertugas di Simalungun. Kalau boleh dikatakan, saya ini putra daerah Simalungun. Ompung saya itu guru Jason Saragih, orang Simalungun pertama pada masa itu yang mengenyam pendidikan guru di Depok. Ibu saya adalah warga GKPS, dan saya pun terdaftar sebagai warga GKPS di Medan. Ke mana saya ditugaskan, saya akan cari GKPS,” ucap mantan Wakapolres Belawan ini.

Selain bercerita tentang masa kecilnya, keluarga dan GKPS, pada kesempatan silaturahmi ini AKBP Ronald Sipayung menyampaikan dua hal penting kepada Pimpinan Sinode GKPS, yakni: Program satu Kecamatan satu Polsek yang digagas oleh Kapolri, dan sinergitas dalam menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polres Simalungun.

“Bapak Kapolri mencanangkan program satu Kecamatan satu Polsek, dan saat ini kami sedang menjajakinya di wilayah hukum Polres Simalungun. Apalagi mengingat dari 32 Kecamatan, Polres Simalungun hanya memiliki 17 Polsek. Bahkan ada 1 Polsek harus menangani 3 Kecamatan. Kondisi ini tentunya berdampak terhadap Kamtibmas. Kami mohon dukungan, topangan dan doa dari Pimpinan Sinode GKPS agar sebagai Kapolres dan seluruh jajaran, diberi hikmat dalam menjalankan tugas, dan khususnya pertambahan Polsek di wilayah hukum Simalungun dapat terealisasi berkat kerjasama dari banyak pihak,” ucap mantan Kapolres Taput ini.

Menanggapi hal yang disampaikan Kapolres, Pimpinan Sinode GKPS menyampaikan kesiapan GKPS berkolaborasi dengan Polri mendukung penuh terjaganya Kamtibmas dan pertambahan Polsek di Simalungun.

“Kami ikut bangga bapak Kapolres sebagai putera daerah Simalungun dipercaya Kapolri mengabdi di kampungnya sendiri. Pasti ada keunikan tersendiri ke depannya bagi bapak dalam menjalankan tugas tersebut. Tapi kami yakin, bapak akan menjalankan amanah tersebut dengan profesional, menjaga kekeluargaan dan tetap bertindak tegas. GKPS siap berkolaborasi dengan Polres Simalungun dalam menjaga Kamtibmas”, ucap Ephorus GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba.

Pada kesempatan lainnya, Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe menyambut positif langkah Kapolres Simalungun menindaklanjuti program Kapolri, apalagi dengan kehadiran satu Polsek per satu Kecamatan akan berdampak meminimalisir gangguan Kamtibmas di Simalungun.

“Kehadiran Polsek di masing-masing kecamatan, khususnya di Simalungun merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya seperti daerah tempat tinggal saya yang berada di wilayah hukum Polsek Bangun, yang mencakup Kecamatan Siantar, Kecamatan Gunung Malela, Kecamatan Gunung Maligas, dengan luas wilayah hukumnya 38.217 ha. Melihat begitu luasnya wilayah hukum Polsek Bangun, tidak sebanding dengan jumlah personil, dan dampaknya membuka lebar peluang lahirnya tindak kejahatan”, ungkap Pdt. Paul Munthe.

Masih kata Pdt. Dr. Paul Munthe, “dengan kehadiran Polsek di masing-masing kecamatan nantinya, penyakit sosial di tengah masyarakat seperti judi dan prostitusi, tindak kriminalitas serta penyalahgunaan dan peredaran narkoba akan mudah pencegahannya, sehingga terjaga Kamtibmas di tengah masyarakat” tutup Sekjend GKPS ini.

Sebagai tanda dukungan dan komitmen GKPS untuk terus berkolaborasi dengan Kapolres dan jajarannya dalam menjaga Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat, Pimpinan Sinode GKPS mengkalungkan syal RBM GKPS kepada AKBP Ronald Sipayung. Silaturahmi pun diakhiri dengan doa bersama yang dibawakan oleh Ephorus GKPS. (bgs/hks)

 

 

Comments are closed
**