Menu
Categories
Ibadah Harian Keluarga GKPS: Selasa, 16 Agustus 2022
15 Agustus 2022 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Selasa, 16 Agustus 2022

  1. Mandoding Haleluya No. 207:1

Bere ham ma hatorangan, hapentaran mangarusi Hata-Mu
ampa mata na mangidah pakon uhur na mambotoh dalan-Mu
Ase tongtong mandompakkon, bohi-Mu hanai mardalan
ase igomgomi Tonduy-Mu hanami

  1. Tonggo
  2. Ayat Harian: Jesaya 55:3

“Pateleng pinggolnima, anjaha roh ma hanima hu Bangku! Tangihon ma, ase manggoluh tonduynima! Bahenon-Ku do bannima padan sisadokah ni dokahni, ai ma idop ni uhur na bani si Daud, na manongtong in”

“ Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.”

  1. Renungan

Jemaat yang dikasihi Tuhan! Salah satu pekerjaan yang sulit dalam hidup ini adalah kesediaan untuk mendengar. Sesungguhnya, mendengar adalah suatu hal yang sangat sederhana, namun seringkali manusia sulit untuk mendengarkan. Kebanyakan orang lebih suka berbicara dari pada mendengarkan. Betapa sulitnya mendengarkan apa yang dikatakan seseorang atau mendengarkan dengan hati kata-kata yang sedang kita baca. Dalam dunia yang serba sibuk dan kompleks dengan segala pernak-perniknya saat ini, mendengarkan menjadi pekerjaan yang makin sulit. Bisa saja seseorang sedang berbicara kepada kita tentang suatu hal, namun yang kita lakukan bukannya mendengarkan apa yang dikatakannya dengan penuh perhatian melainkan memikirkan apa yang akan kita katakan dan kita tidak sabar ingin berbicara menginterupsi pembicaraannya.  Atau kita sedang membaca Alkitab namun tanpa kita sadari pikiran kita tidak fokus pada apa yang dikatakan firman Tuhan tetapi justru sambil memikirkan apa menu makanan kita siang ini. Jadi dengan segala kebisingan dan keriuhan dunia kita saat ini, mendengarkan firman Tuhan dengan sungguh-sungguh adalah merupakan pekerjaan yang sangat sulit.

Nas hari ini menyatakan bahwa Allah ingin berbicara kepada kita dan mengajak kita untuk menyendengkan telinga kita dan datang kepada-Nya mendengarkan apa yang ingin dikatakan-Nya kepada kita agar kita memperoleh hidup. Allah berbicara kepada kita melalui berbagai cara dan yang terutama adalah melalui firman-Nya dalam Alkitab. Alkitab adalah salah satu pemberian terbesar dari Allah kepada kita. Allah juga berbicara kepada kita melalui Roh Kudus yang mendiami hati kita. Alkitab juga menyatakan bahwa Allah dapat berbicara kepada kita melalui semua ciptaan-Nya dan juga melalui segala peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita di dunia ini. Allah kita adalah Tuhan yang selalu ingin berbicara kepada kita. Dia tidak pernah tinggal diam membiarkan kita menjalani hidup kita dengan keinginan kita sendiri. Allah tidak pernah jauh dari kita. Dia sangat merindukan agar kita hidup dalam pengenalan dan pengetahuan tentang betapa besar kasih dan setia-Nya kepada kita. Dia ingin agar hidup kita berjalan dalam rencana yang indah dan sempurna dari pada-Nya.

Jemaat yang dikasihi Tuhan! Allah selalu ingin berbicara kepada kita demi kebaikan dan keselamatan serta kehidupan kita. Allah ingin berbicara tentang janji keselamatan melalui Yesus Kristus yang telah dijanjikan-Nya melalui Daud. Allah setia dan teguh dalam apa yang Dia janjikan. Pertanyaannya adalah, apakah kita mendengar dan mau mendengarkan Dia dalam iman? Apakah kita mau menyerahkan hidup kita sepenuhnya pada-Nya untuk menerima dan menaati apa yang akan Ia katakan kepada kita? Jika kita mau mendengarkan Allah dan menyendengkan telinga dan hati kita kepada-Nya maka kita akan mengalami perubahan hidup yang sangat berbeda daripada sebelumnya. Maka dengarkanlah Tuhan dalam hidupmu hari ini. Tenangkanlah hatimu dan senantiasalah berkomunikasi dengan Bapa di sorga. Tuhan telah mencurahkan Roh-Nya pada kita dan Dia ada dalam diri kita. Pintalah pada-Nya agar kita senantiasa diberi kesadaran untuk dengar-dengaran akan apa yang ingin dikatakan-Nya kepada kita. Dengarkan Tuhan dengan  ketaatan,  dengan hati  yang terbuka menerima segala seuatu yang sangat berharga dan yang luar biasa yang ingin dikatakan-Nya padamu, Amin.

  1. Mandoding Haleluya No. 496:1

Idilo Tuhan Naibatanta, haganup Kuria-Ni in.
Ase manjalo haluahon, nabinoban ni Kristus in
Tangihon ma dilo-dilo-Ni, pateleng ham ma pinggolmu.
Ulang manosal holi dob ni, bai ujung ni panorangmu.

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Comments are closed
**