Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Sabtu, 24 September 2022
23 September 2022 TATA IBADAH

 

1. Mandoding Haleluya No. 304:1
Sada goran na majenges humbai ganup goran in.
Goran ni Tuhanta Jesus in do sijengesan in.
Goran-Mu o Tuhan sai dodingkononku in.
Goran-Mu Jesuskin na pamalum uhurhin.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: 5 Musa 11:26-28
“Tonggor ma, ahu papilihkon bani nasiam sadari on pasu-pasu pakon papa-papa; pasu-pasu tene, anggo itangihon nasiam tonah ni Jahowa Naibatanasiam, sagala na hutonahkon in bani nasiam sadari on; tapi papa-papa anggo lang itangihon nasiam tonah ni Jahowa Naibatanasiam, gabe manlembang nasiam hun dalan, na hutonahkon in bani nasiam sadari on, laho mangirikkon naibata na legan, na so tinanda nasiam.”

“Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
melalui nabi Musa, Tuhan memberikan peringatan kepada bangsa Israel yang berisikan pilihan, yakni menerima berkat atau kutuk. Berkat Tuhan akan turun atas mereka dan akan menyertai bangsa itu jikalau mereka taat kepada firman Tuhan dan tetap terpisah dari dosa-dosa bangsa sekitar mereka. Tetapi pada pihak lain, jikalau mereka menyesuaikan diri dengan jalan-jalan orang fasik, kutukan Allah akan menimpa mereka.

Sayang sekali sebagian besar dari bangsa Israel tidak sungguh-sungguh menanggapi peringatan Tuhan ini. Cara hidup mereka terlalu sering menerima cara hidup orang tidak percaya dan oleh karena itu mereka terkena kutuk-Nya. Kepada kita orang percaya pada saat ini, diperhadapkan pilihan yang sama. Berkat dan kuasa-Nya akan menjadi milik kita, jikalau kita membenci dosa, mengikut Kristus dan berusaha untuk senantiasa melayani Tuhan. Tetapi jikalau kita meninggalkan Tuhan dan jalan-jalan-Nya yang benar, kita akan kehilangan kehadiran, pertolongan, dan perlindungan perjanjian Tuhan.

Dalam setiap saat dan situasi kehidupan kita masing-masing diberikan kebebasan untuk memilih, yakni untuk taat kepada TUHAN atau menaati nafsu dan kebodohan kita masing-masing. Berkat akan kita terima dalam hidup apabila mendengarkan dan melakukan firman-Nya. Inilah syarat agar bangsa Israel dan kita juga sebagai umat-Nya memiliki umur panjang dan menikmati kehidupan dengan segala berkat. Akan tetapi jikalau kita tidak mendengar dan tidak melakukan firman Tuhan, hasilnya adalah kutuk serta hukuman. Kita selaku orang Kristen diminta untuk mendengar firman Tuhan dengan segenap hati. Ketaatan kita kepada firman-Nya, memampukan kita hidup dalam rencana Tuhan. Anugerah keselamatan telah diberikan Tuhan bagi kita karena kasih-Nya melalui Yesus Kristus. Untuk melakukan firman-Nya serta melawan godaan si Iblis, mintalah pertolongan Tuhan melalui Roh-Nya yang kudus, sehingga jauhlah kutuk dari hidup kita, melainkan kita akan menerima berkat-Nya, yakni kehidupan jasmani dan rohani. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 249:1
Seng tadingkononku Ham, ale Jesus Sipagoluh.
Sai irikkononku Ham, sadokah ni au manggoluh.
Ham do hagoluhankin, seng tadingkononku in.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

 

Comments are closed
**