Menu
Categories
PIMPINAN SINODE GKPS MENGAJAK SELURUH WARGA GKPS MARSIURUPAN MEMBANTU KORBAN BENCANA GEMPA BUMI DI TAPANULI UTARA
5 Oktober 2022 TUGAH-TUGAH

PEMATANG SIANTAR.GKPS.OR.ID. Pimpinan Sinode GKPS mengimbau seluruh warga GKPS untuk marsiurupan (tolong-menolong) membantu korban bencana gempa bumi yang terjadi di Tapanuli Utara pada Sabtu, 1 Oktober 2022, sekitar Pukul. 02.00 WIB.

Imbauan ini disampaikan secara resmi oleh Pimpinan Sinode GKPS melalui surat pada tanggal 4 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Ephorus Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba dan Sekretaris Jenderal (Sekjend) Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe.

Sehari sebelumnya, Senin, 3 Oktober 2022, Pimpinan Sinode GKPS telah melakukan Press Release untuk menyatakan dukungan dan solidaritas terkait Bencana Alam Gempa Bumi di Tapanuli Utara.

Adapun isi Press Release tersebut sebagai berikut:

Seluruh jemaat GKPS sangat prihatin mendengar berita tentang gempa bumi berkekuatan 5,8 SR yang melanda Tarutung-Tapanuli Utara pada hari Sabtu, tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02.00 WIB, yang mengakibatkan hilangnya nyawa manusia (satu orang meninggal dunia), korban luka-luka, pemadaman listrik, dan hancurnya gereja-gereja, sekolah, rumah dan bangunan lainnya.

Kondisi rumah dinas Pendeta GKPS Resort Tarutung pasca gempa bumi mengguncang Tapanuli Utara, pada Sabtu, 01 Oktober 2022. (Foto: Pdt. Joko Selamat Saragih)

Gereja GKPS juga terdampak gempa bumi, di antaranya gedung gereja GKPS Tarutung Resort Tarutung beserta rumah dinas Pendeta GKPS Tarutung mengalami kerusakan yang sangat parah. Selain itu empat puluh dua (42) rumah warga jemaat GKPS Tarutung mengalami kerusakan ringan sampai menengah.

Menyikapi persistiwa ini, Pimpinan Sinode GKPS menyatakan:

  1. Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga yang berduka dan mengungkapkan solidaritas dengan komunitas yang terkena dampak bencana ini.
  2. Kami sangat berterima kasih kepada banyak orang, baik secara pribadi maupun lembaga yang telah berada di garis depan di dalam respon kemanusiaan, dengan menyediakan air, makanan, pakaian, bantuan medis kepada para korban. Terima kasih atas kesaksian kasih dan perhatian saudara-saudari yang mendalam.
  3. Kami mengimbau seluruh warga GKPS untuk membawakan keluarga-keluarga yang mengalami musibah ini dalam doa-doa pribadi dan dalam ibadah-ibadah di gereja.
  4. Kami berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar melimpahkan rahmat kepada semua pihak yang menderita dan berkah kepada semua pihak yang telah membantu mereka yang membutuhkan. Seperti yang ditulis oleh pemazmur di dalam Mazmur 18: 3: “Ya Tuhan, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!”
  5. Disini kami juga menghimbau kepada jemaat GKPS untuk ikut memikul beban penderitaan saudara-saudara kita dengan menyumbangkan daya dan dana. Bantuan dana dapat disalurkan melalui rekening GKPS Bank Mandiri No. 107-00-9501674-9 atas nama Kantor Pusat GKPS. Adapun contact person yang dapat dihubungi langsung di lokasi kejadian yaitu   Joko Selamat Saragih (Pendeta GKPS Resort Tarutung) No. HP: 085376826441. (bgs/hks)
Comments are closed
**