Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 30 Januari 2023
29 Januari 2023 TATA IBADAH

 

1. Mandoding Haleluya No. 2:1
Puji Jahowa ale tonduyhu, puji ma Ia Naibatamin.
Paima bois ope bohalh, sai pujionku layakNi in.
Sitompa daging tonduy pe, ningon ipuji do hape,
Haleluya, Haleluya.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: 1 Kronika 29:11
“Ai gok Bamu do, alo Jahowa, habanggalon pakon hasangapon, hagogohon pakon hamuliaon, hamonangan ampa hajombuton; ai Ham do simada haganup na i nagori atas ampa na i tanoh on, ai Ham do simada harajaon, alo Jahowa, anjaha ipatimbul Ham do diri-Mu mangatasi haganup.”

“Ya Tuhan, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya Tuhan, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
raja Daud yang terkenal itu berencana untuk membangun Bait Allah di Yerusalem. Ia sangat menginginkan agar umat Allah dapat beribadah di Bait Allah yang layak untuk memuji Tuhan, tidak lagi dalam tenda. Namun keinginan yang mulia itu tidaklah tercapai karena Allah tidak menginzinkan Daud melakukannya, tetapi Allah memberi kesempatan itu kepada Salomo. Namun raja Daud tidak berhenti berpartisipasi untuk pengadaan apa yang diperlukan untuk pembangunan Bait Allah itu.

Di masa tuanya raja Daud telah mengumpulkan barang-barang untuk rumah Allah dan setelah itu ia memuji Tuhan di hadapan umat Israel, dan inilah bagian dari lagu pujian itu. Raja Daud menyatakan, menyaksikan, dan memberitahukan kepada semua orang tentang siapa Allah. Kebesaran, kejayaan, kemahsyuran dan keagungan yang melebihi segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi, itu semua adalah kepunyaan Allah. Sehingga tidak ada alasan bagi raja Daud untuk tidak mempersembahkan yang terbaik bagi Tuhan, melalui rumah ibadah.

Daud sebagai raja yang terkenal saat itu tetap mengakui bahwa ada yang lebih berkuasa dari dirinya. Raja Daud hanya menguasai umat Israel yang 12 marga dan wilayah yang ia kuasai juga adalah tanah yang Tuhan berikan kepada nenek moyangnya. Namun kekuasaan Tuhan tidak terbatas dan Tuhan mengepalai segala-galanya. Pengakuan ini tentu sejalan dengan apa yang dilakukan oleh Daud untuk rumah Tuhan, untuk kemulliaan nama Tuhan. Kekayaan dan kekuasaan yang dimiliki oleh raja Daud dipersembahkannya untuk Tuhan yang sesungguhnya adalah pemilik dari segala sesuatu.

Sebagai orang percaya tentu kita juga mengakui bahwa hidup kita dan apa yang ada pada kita adalah milik Tuhan. Rumah Tuhan atau Bait Allah adalah tempat bagi kita untuk mempersembahkan apa yang telah Tuhan berikan pada kita. Kita mampu mempersembahkan yang terbaik kepada Tuhan ketika kita mengakui keagungan dan kemahakuasaan Tuhan. Mari kita ikut mempersembahkan yang terbaik sambil terus memuliakan nama Tuhan. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 340:1
Huondoskon bani Jesus haganupan diringkon.
Ia do pasangaponku sadokah bai goluhkon.
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah huondoskon ma.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

 

Comments are closed
**