Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Sabtu, 15 April 2023
14 April 2023 TATA IBADAH

 

1. Mandoding Haleluya No. 5:1
Hu puji holong ni ateiMu, o Tuhan Jesus Rajangkin.
Bamu huondoskon tonduyhu, ai do na pinindoMu in.
Hu halupahon ma diringku mamingkir holong ni atei-Mu.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Pilippi 2:3
“Ulang ma maruhur haut atap marhasangapon na lumei, tapi ibagas toruh ni uhur hira nasiam ma hasoman nasiam lobihan humbani nasiam sandiri!”

“dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
rasul Paulus melalui nas firman Tuhan hari ini mengingatkan jemaat di Filipi agar tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Namun setiap orang harus rendah hati dan menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri. Mengutamakan orang lain berarti memberi tempat dan kesempatan yang baik kepada sesama dari pada diri sendiri. Ikhlas memberi ruang kepada orang lain dan mengutamakannya. Artinya kita siap sedia untuk mengalah.

Perilaku seperti ini semakin jarang ditemukan di zaman ini. Salah satu penyebabnya karena banyak orang memandang bahwa hidup ini adalah perlombaan atau kompetisi yang harus dimenangkan. Mereka menganggap musuh atau saingan yang harus disisihkan dan dikalahkan. Segala cara dilakukan untuk menjadikan diri sebagai pemenang, sehingga mereka bekerja bukan untuk peningkatan kualitas dan membawa hasil baik bagi banyak orang, melainkan hanya untuk mencari kesenangan popularitas demi kepentingan diri sendiri. Itulah kehidupan yang sementara terjadi dalam jemaat dan masyarakat.

Keluarga Kristen yang dikasihi Tuhan,
menurut rasul Paulus, kerendahan hati harus terwujud dalam pikiran, perasaan, perkataan, dan tingkah laku hidup serta menjadi landasan membangun hubungan satu sama lain. Semua anggota adalah jemaat yang sama di hadapan Tuhan, karena itu tiap anggota berhak atas pelayanan dan penerimaan dari anggota yang lain. Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita sebagai keluarga Kristen agar tidak memandang hidup ini sebagai suatu perlombaan atau kompetisi yang saling mengalahkan. Hidup kita adalah kesempatan yang diberikan Tuhan untuk dijalani bersama supaya menjadi berkat bagi orang lain. Keluarga kita diberikan Tuhan semangat hari ini agar bekerja dan melayani bukan untuk kepentingan diri sendiri saja, tetapi menjadi berkat bagi orang lain juga. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 348:1
Sauhur sapanriah ma, ganup kuria in.
Marhasadaon nadear, ibagas Tuhan in.
Riap ma hita haganup, mamuji Tuhan rup.
Mardamei marsiurupan, marsihaholongan.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

 

Comments are closed
**