Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SENIN, 20 APRIL 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SENIN, 20 APRIL 2020

*Ibadah Harian Keluarga GKPS*
Senin, 20 April 2020

_1. Bernyanyi Kidung Keesaan No. 675:1_

Indahnya saat yang teduh menghadap tahta Bapaku
Ku naikkan doa padaNya sehingga hatiku lega
Di waktu bimbang dan gentar jiwaku aman dan segar
Ku bebas dari seteru di dalam saat yang teduh

_2. Tonggo_

_3. Ayat Harian: 1 Musa 32:26_

Dob ai nini ma, “Paluah ma ahu, ai domma laho siang ari.” Tapi nini si Jakob ma, “Seng anjai paluahonku Ham, anggo lang lobei ipasu-pasu Ham ahu.”
_Lalu kata orang itu: “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Sahut Yakub, “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.”_

_4. Renungan_

Perjumpaan dengan Tuhan memang sangat dirindukan oleh semua orang, khususnya ketika kita sedang menghadapi suasana seperti sekarang ini. Perjumpaan itu sering kita harapkan terjadi seperti yang kita bayangkan, namun Tuhan datang dengan caranya sendiri.
Yakub tidak membayangkan dia akan bertemu dengan Tuhan melalui utusannya ketika dia ada di seberang sungai Yabok, yang kemudian tempat itu dinamainya Pniel. Perjumpaan itu justru dengan cara yang tidak masuk akal yaitu dengan bergulat. Sepanjang malam mereka bergulat, dan Yakub tidak kalah atau mengalah dalam pergulatan itu. Ini menunjukkan bahwa memang dia siap kapan saja menghadapi apapun yang terjadi.
Kala fajar menyingsing, orang itu mengatakan agar pergulatan itu dihentikan dan dia dibiarkan pergi meninggalkan Yakub. Yakub justru mengatakan bahwa orang itu akan dibiarkan pergi jika orang itu memberkati dia, tidak lagi menjadi lawannya. Di sini kita melihat bahwa Yakub ternyata tidak mengalahkan orang lain tetapi membuat orang lain menjadi orang yang memberkati, bukan memusuhi. Dan setelah itu akhirnya Yakub sadar bahwa dia berhadapan dengan Allah melalui utusanNya.
Situasi apapun yang kita alami, bahkan sampai bergumul atau bergulat sekalipun, mari kita tetap tidak kehilangan status sebagai orang yang sudah diselamatkan Allah. Kita tahu ketika kita tetap berdiri teguh, seperti beberapa kali dinasehatkan Paulus kepada jemaat Korintus, maka kita akan merasakan kehadiran dan penguatan serta penyertaan Allah dalam perjalanan kehidupan ini. Amin.

_5. Mandoding Haleluya No. 453:1_

Pitah Ham Tuhan hatundalan na toguh
Humbai ganup paruntolon na i tanoh on.
Bani haganup pardalanan pitah Ham panjaga na gogoh
Ondos ma Tuhan hanai on nuan se torsa sadokah goluh on.

_6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami_

_Departemen Persekutuan GKPS_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.