Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – KAMIS, 23 APRIL 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – KAMIS, 23 APRIL 2020

*Ibadah Harian Keluarga GKPS*
Kamis, 23 April 2020

1. Mandoding Haleluya No. 3:1

Sai puji Naibata ai holong tong ateiNi
Malayak tong homa bai ganup tinompaNi
Megah ma hita on mamuji Naibata
Ai sasap dousa on ibahen Naibata

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 2 Timoteus 1:8

Ai pe, ulang ma ham maila manaksihon Tuhanta, anjaha ulang homa maila ham pasal ahu, na tartutup halaniSi, tapi dihut ma Ham tene manaron halani Ambilan Na Madear in ibagas gogoh na humbani Naibata.
_Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.

4. Renungan

Belakangan ini kebijakan pemerintah salah satunya adalah membebaskan sebagian narapidana untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Tentu ini adalah kebijakan yang baik. Tetapi yang menjadi persoalan adalah beberapa dari mereka yang senang karena bebas dari LP ternyata tidak bersyukur bahkan sebaliknya kembali melakukan kejahatan. Ini membuat penilaian terhadap mereka yang ada di tahanan itu tetap sebagai orang yang tidak baik, orang jahat.
Apakah semua tahanan itu sama? Ternyata tidak juga. Paulus pernah berstatus sebagai tahanan, tetapi dia bukahlah orang yang jahat. Itu sebabnya Paulus mengatakan jangan malu karena aku. Paulus menyatakan siapa dirinya yang sesungguhnya yaitu sebagai pemberita Injil. Jadi bukan keadaannya saat itu yang menentukan jati dirinya: meskipun sedang dalam tahanan dia bukanlah penjahat.
Pesan yang ingin disampaikan oleh Paulus adalah kesetiaan menjadi saksi Tuhan. Kita tidak malu untuk berbicara tentang kebaikan Tuhan. Seperti semangat Kongsi Laita kala itu, mereka memberitakan Firman Tuhan di mana saja dan kapanpun ketika mereka sudah melakukan percakapan lebih dari 5 menit dengan orang lain. Jika kita harus menderita karena Injil maka Tuhan akan menguatkan kita. Ini adalah kesaksian iman rasul Paulus kepada kita saat ini.
Di saat kita bergumul dengan Covid-19 kita juga jangan sampai kehilangan semangat dan iman, tetapi kita harus selalu berpikiran positif, karena kita tahu bahwa tantangan itu tidak akan bisa menghempang kebaikan Tuhan dan juga tidak akan bisa menghentikan panggilan kita sebagai Saksi Kristus. Amin.

5. Mandoding Haleluya No. 251:1

Sonang do uhurhu ibaen Jesuskin borit pe hutaron ijon.
Tenger do uhurhu bai Tuhanta in ipasonang tongtong uhurhon
Sonang do, sonang do ipasonang tongtong uhurhon

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

One Response

  1. Meika Damanik berkata:

    Terima kasih atas renungannya. Tuhan Memberkati ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.