Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SENIN, 4 MEI 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SENIN, 4 MEI 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 4 Mei 2020

1. Mandoding Hal no 132:1
Ai ambit lang do Ham parholong atei Ham huja ma au
Halani holongMu ampakon layakMu hu surga au

Tarima kasih ma Bamu o Naibata parlayak Ham
Sibahen dalan in marhitei Jesus in hu surga in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Hesekiel 34:11
Ai sonon do hata ni Tuhan Jahowa: Tonggor ma, Ahu, Ahu sandiri sungkun-sungkun bani biribiringKu, anjaha pindahanKu do sidea
Sebab beginilah firman Tuhan Allah: Dengan sesungguhnya Aku sendiri akan memperhatikan domba-dombaKu dan akan mencarinya.

4. Renungan
Hidup yang bahagia dan saling memperhatikan adalah dambaan setiap orang, dan pasti suasana seperti itu juga menjadi kesukaan bagi Allah. Setiap keluarga, gereja dan masyarakat juga menginginkan agar perhatian dan dukungan terhadap orang lain tetap berjalan dengan baik dan penuh kasih. Apalagi dalam suasana pandemi covid-19 saat ini kita seharusnya saling mengasihi dan memperhatikan, bukan mencari kesempatan untuk keuntungan pribadi atau mendiskreditkan orang lain.
Allah menunjukkan pemeliharaanNya kepada bangsa Israel seperti gembala terhadap domba-dombanya. Perhatian kepada bangsa Israel dipercayakan Allah kepada para gembala atau pemimpin bangsa itu dengan tujuan agar perhatian bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tetapi apa yang terjadi? Allah melihat dan mengetahui bahwa mereka yang disebut sebagai gembala ternyata tidak menjalankan tugasnya dengan baik, bahkan mereka melakukan pekerjaannya bukan untuk memperhatikan domba-domba itu tetapi sebaliknya untuk kepentingan diri mereka sendiri. Hal ini sungguh membuat Allah marah dan memilukan hatiNya.
Allah kita tidak menginginkan ketidakbenaran dan ketidakadilan dalam kehidupan umatNya sehingga Dia sendiri akan bertindak untuk melindungi umatNya. Firman Tuhan hari ini menegaskan hal itu. Allah akan memperhatikan dan mencari dombaNya yang tersesat atau yang disesatkan. Allah akan melakukan tindakan yang membawa kembali suasana harmonis ke tengah-tengah kehidupan umatNya. Sehingga umatNya akan merasakan kedamaian karena ada Allah yang akan melindungi mereka, umatNya akan merasakan kebutuhannya terpenuhi karena Allah membawa ke padang rumput yang hijau, umatNya akan merasakan suasana yang penuh kehangatan karena Allah akan selalu memanggil umatNya dengan namanya dan tidak ada umat yang tersesat karena diperhatikan oleh sang Gembala Agung. Dan inilah yang membuat kita tetap berpengharapan kepadaNya terlebih dalam suasana yang penuh dengan ketidakpastian saat ini, Amen.

5. Mandoding Hal no 118:2
Bai musim ni sipangagou Ham parjaga na gogoh
Anggo bokasMu hu tonggor, sai irikkononku Ham
Sai irikkononku Ham, sai irikkononku Ham
Anggo bokasMu hu tonggor sai irikkononku Ham

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.