Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SABTU, 9 MEI 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SABTU, 9 MEI 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Sabtu, 9 Mei 2020

 

  1. Mandoding Hal no 305:1

Martumpu ganupan manombah Tuhan

Sai puji ma Ia parlayak do in

Maronti ma ganupan paruntolon

Igantih gabe damei na sonang

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 31:4

Ai Ham do tongon dolog batungku pakon bentengku, halani goranMu iring-iring anjaha togu Ham ma ahu.

Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena namaMu Engkau akan menuntun dan membimbing aku.

 

  1. Renungan

Ketika kita menghadapi tantangan atau ancaman dalam hidup ini maka kita akan menghadapinya semampu kita, namun ketika ancaman itu lebih berat maka kita akan mencari petolongan atau bantuan orang lain. Kita tentu tidak mau menjadi korban dari kekuatan atau keganasan musuh, karena itulah kita mencari kekuatan yang mampu mengalahkan musuh itu.

Daud dikenal sebagai seorang yang hebat, punya kemampuan untuk mengalahkan musuh dengan baik. Daud terkenal karena mengalahkan binatang buas yang mengancam dombanya dan dia juga terkenal karena mengalahkan Goliat yang dikenal sebagai panglima perang yang sangat tangguh. Tetapi dalam pengalaman hidupnya dia juga akhirnya mencari dan memohon kekuatan yang dapat melindunginya. Tidak semua musuh mampu dia kalahkan, tidak semua pergumulan dapat dia atasi, karena itulah dia mengharapkan pertolongan Tuhan.

Pengakuan akan kekuatan Allah sebagai bukit batu dan pertahanan bagi hidup kita akan memuat kita merasa lega dalam menjalani hidup kita. Kita tahu bahwa kekuatan Allah melebih segala kekuatan yang ada di dunia ini. Karena itu pengakuan iman kita tentang Allah akan membimbing kita tetap hidup di dalam Dia. Ketika kita tidak mengakui Allah, maka kita tidak akan hidup di dalam Dia atau sebaliknya. Jika kita hidup di dalam Allah maka Dia akan menuntun dan membimbing arah perjalanan hidup kita.

Kehidupan kita saat ini memang tidak menghadapi musuh seperti yang raja Daud alami, musuh kita lebih kepada musuh yang tidak kelihatan tetapi mampu mengalahkan kita secara fisik dan mental. Firman Tuhan menunjukkan jalan kepada kita ke mana kita harus mengadu dan memohon pertolongan: hanya kepada Allah saja. Biarlah Allah yang menuntun dan membimbing kita secara fisik, mental dan rohani agar kita tidak kalah dengan ancaman yang sedang kita hadapi, yaitu virus corona dan ancaman yang timbul akibat kehadiran virus itu. Tuhan menyertai dan menguatkan kita. Amen.

 

  1. Mandoding Hal no 138:1

Jahowa Naibatanta do tarbaen batar-batarta

Munsuhta ningon talu do baen parlingodanta.

Ai anggo munsuh in sibolis goran niin

Bajan do akalnin parseda jolma in

Seng dong na pag mangkubu.

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.