Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SENIN, 11 MEI 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – SENIN, 11 MEI 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 11 Mei 2020

 

  1. Mandoding Haleluya No. 9:1

Tuhan Naibata, sai parorot Ham

Daging pakon tonduynami

In ma na pinindonami,

Sai pajorgit Ham, ganup hanai on

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Jesaya 40:29

Ia do mambere gogoh bani halak na loja, anjaha na so margolle ibahen do hinsah.

Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

 

  1. Renungan

 

Pada awal diberlakukan physical distancing sehingga sekolah ditutup maka siswa dan guru pasti merasa senang karena tidak masuk sekolah. Namun karena libur sudah terlalu lama banyak juga yang mengeluh mengatakan capek, bosan juga di rumah saja. Kita berharap badai ini segera berlalu.

Di sisi lain ada banyak orang yang letih, capek pada masa ini. Paramedis dan pemerintah sebagai garda terdepan dalam menangani kasus ini supaya cepat teratasi tentu harus bekerja siang dan malam, sedikit beristirahat. Bahkan kita melihat dan mendengar banyak dari mereka meninggal akibat dari bencana non alam ini.

Lewat renungan ini kita belajar dari pengalaman bangsa Israel ketika berada dalam situasi ketidakpastian, kelesuan dan keletihan. Yesaya menerima firman Tuhan dan menyampaikan kepada bangsa Israel. Tuhan akan memberi kekuatan. Sebab Tuhanlah sumber kekuatan kita. Hal ini menyadarkan kita bahwa kekuatan kita terbatas dan tidak cukup untuk kita andalkan dalam menghadapi badai. Seperti elang yang menanti datangnya angin badai yang akan membawanya terbang semakin tinggi. Elang tidak akan menghindar atau melarikan diri dari angin badai tapi justru elang akan naik melampaui badai itu dan terbang lebih tinggi lagi. Yesaya membandingkan manusia dengan elang bahwa kita bersyukur sebab Tuhan memberi anugerah bagi kita untuk memampukan kita melawan badai hidup melalui bencana, sakit, kegagalan, kekecewaaan terlebih pada masa pandemi ini. Usaha, bisnis, pekerjaan dan aktivitas kita mungkin terganggu. Tapi satu hal yang harus kita ingat bahwa situasi yang kita hadapi saat ini janganlah lihat sebagai beban yang semakin memberatkan hidup kita. Biarlah masalah tidak menguasi kita, tapi kita yang menguasai masalah dan kita tahu kuncinya ada pada Tuhan kita yang memampukan kita menghadapi semua itu. Saatnya untuk kuat, semangat, bangkit dan berdiri di atas semua masalah yang ada. Tuhan meneguhkan dan menguatkan kita. Amen.

 

  1. Mandoding Haleluya No. 149:1

Ham sipagoluh au parayak Ham au on

Sai ulang Ham mandaoh, humbagas uhurhon

Roh Sipagoluh roh tongon, baen Ham au anakMu tongon

Bani darohMu usah au, putih songon bunga ma au

Putih tongon, putih tongon

Bani darohMu usah au, putih songon bunga ma au

 

  1. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami.

 

Departemen Persekutuan GKPS

 

 

 

One Response

  1. UF Purba berkata:

    Menikmati kehidupan dalam keadaan apapun lebih baik daripada hanya mencari kenyamanan yang sifatnya sementara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.