Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA KRISTEN GKPS – SELASA, 19 MEI 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA KRISTEN GKPS – SELASA, 19 MEI 2020

  • Ibadah Harian Keluarga GKPS

Selasa, 19 Mei 2020

  1. Doding Haleluya No. 307:1

 

Bani na martonggo ahu hu Bamu o Tuhankin.
Ajar Ham ma au manjalo ganup na binere-Mu.
Mangakuhon songon Jesus bani sitaranon-Niin.
Seng rosuhku pasaudonku pitah rosuhmu Tuhan.9

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Johannes 16:23

 

Seng sungkunonnima be Ahu bani na sadari ai. Na tongon tumang do na Huhatahon on bannima, atap aha pe sipinindonima humbani Bapa in, sai na bereon-Ni do marhitei goran-Ku.

Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.

 

  1. Renungan

 

Apa yang membuat kita bahagia? Bila kita diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan itu, maka akan ada seribu satu macam jawaban, yang mungkin berbeda-beda. Biasanya kebahagiaan itu relatif, bagi saya sesuatu hal bisa membuat saya bahagia tapi belum tentu dengan orang lain. Nas kita hari ini mendefenisikan apa arti bahagia bagi umatNya dengan berlatar belakang saat Yesus tinggal sesaat saja bersama dengan murid-muridNya (ay.16), bahwa Yesus akan segera berpisah dengan murid-muridNya (ay.19), perpisahan yang akan mengubah kesedihan menjadi sukacita karena kebangkitan dan kenaikanNya (ay. 20b). Mengapa Yesus berkata bahwa mereka akan berbahagia? Karena Tuhan akan memberikan kepada mereka apapun yang mereka minta kepadaNya di dalam nama Yesus (ay.23). Hal ini menjadi penting sekaligus menekankan bahwa Yesus datang ke dunia sebagai utusan Bapa. Dia datang untuk melaksanakan kehendak Bapa-Nya. Seluruh pewartaan yang dilakukan oleh Yesus adalah pewartaan akan Bapa yang baik hati yang selalu mengasihi umat-Nya. Dalam diri-Nya dan lewat seluruh karya-Nya Yesus menyatakan kesatuan yang erat antara Dia dan Bapa-Nya. Dia menunjukkan bahwa dalam Dia ada Bapa dan Bapa ada dalam Dia. Karena itu, Yesus mengajar para murid sambil berpesan bahwa Bapa akan mengasihi mereka karena mereka telah percaya dan mengasihi Yesus.

Saat ini pesan yang sama juga disampaikan kepada kita (gereja) yang mengalami persoalan secara menyeluruh dengan adanya virus Covid 19. Kekuatan kita hanya ada padaNya yang kita sampaikan melalui doa kita. Seluruh harapan dan permohonan senantiasa kita tujukan kepada Allah Bapa untuk kemudian kita perteguh dengan perantaraan Yesus Putra-Nya. Kesatuan seperti ini menjamin setiap orang yang percaya dan berdoa kepada Bapa dan menjadikan Yesus sebagai Pengantara satu-satunya, selalu dapat berharap bahwa doa dan permohonannya akan dikabulkan. Iman kita kepada Yesus adalah juga iman kita kepada Allah Bapa. Kasih kita kepada Yesus adalah kasih kita juga kepada Bapa. Percayalah dan kasihilah Yesus dalam kebenaran, maka kasih Allah akan semakin melimpah bagi kita. Itu berarti ketika kita menjadikan Yesus sebagai dasar dan tujuan hidup kita, maka Allah akan selalu mengarahkan pandangan kepada kita dan akan menjamin keselamatan bagi kita. Dan ketika itu terjadi pada kita, kita sedang mengalami kasih Allah yang sempurna dan kita akan bahagia ditengah-tengah persoalan yang sedang kita hadapi. Amin

 

  1. Nyanyian Lagu Pujian: “Dia Hanya Sejauh Doa”

Bila kau rasa gelisah di hatimu, bila kelam kabut tak menentu hidupmu
Ingat, masih ada Seorang penolong bagimu, Yesus tak pernah jauh darimu

Bila cobaan menggodai hatimu, bila sengsara menimpa keadaanmu
Ingat, Yesus takkan pernah jauh darimu, Dia selalu pedulikan kamu

Berseru memanggil nama-Nya, berdoa, Dia ‘kan segera menghampiri dirimu
Percaya, Dia tak jauh darimu, Dia hanya sejauh doa

Bila cobaan menggodai hatimu, bila sengsara menimpa keadaanmu
Ingat, Yesus takkan pernah jauh darimu, Dia selalu pedulikan kamu

Berseru memanggil nama-Nya, berdoa, Dia…

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.