Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 20 Mei 2020
20/05/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Rabu, 20 Mei 2020

 

  1. Doding Haleluya 306:1

Huhamegahkon do in tongtong Jesus Tuhanku rupeihu tongon

Au parsimada tinobus Nin na pinabayu ni Tonduy in

Marmegah-megah mandoding au, mamuji Jesus parholong in

Marmegah-megah mandoding au, mamuji Jesus parholong in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Johanes 16:30

Sonari ma ibotoh hanami, paboa ibotoh Ham do haganup, anjaha seng pala porlu Bamu, sungkunon ni atap ise Ham. Halani ai ma, ase porsaya hanami, na bingkat humbani Naibata do Ham.

Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah.

 

  1. Renungan

Selain Yesus memberikan pengajaran (monolog), Yesus juga berdialog dengan para murid-Nya. Tujuannya adalah untuk menguji iman mereka dan mengimani Yesus sebagai secara jasmani dan ilahi. Sebelum nas renungan kita ini Yesus telah menyatakan kepada murid-murid-Nya tentang siapakah diri-Nya. Yesus mengatakan bahwa Ia datang dari Bapa, datang ke dalam dunia; Yesus meninggalkan dunia dan pergi kembali kepada Bapa. Para murid Yesus langsung merespon terus terang Yesus. Mereka mengatakan: kami tahu segala sesuatu. Setelah itu mereka berkata kepada Yesus bahwa mereka percaya bahwa Yesus datang dari Allah. Yesus yang hidup, mati dan bangkit, 2000 tahun yang lalu. Tetapi melalui kesaksian para murid-murid-Nya, para pelayan Tuhan, semua percaya akan firman Tuhan Yesus. Apalagi yang perlu kita imani, yaitu perkataan Tuhan Yesus sesudah nas kita yaitu pada ayat 33, “…dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Oleh sebab itu nas renungan ini merupakan nasehat Yesus kepada murid-murid-Nya dulu dan sekarang. Walaupun kita umat Kristen mengalami situasi pandemi virus corona sekarang ini, namun secara rohani kita tetap dapat menemukan kedamaian di dalam Yesus. Oleh sebab itu sebagaimana peringatan Yesus kepada murid-murid-Nya dulu, adalah juga peringatan-Nya kepada kita warga gereja saat ini. Yaitu: kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia. Tuhan Yesus yang kita sembah adalah Tuhan Yang Maha Tahu. Ia mengetahui situasi, kebutuhan kehidupan rohani, psikologis kita bukan hanya saat ini tetapi juga masa depan. Oleh sebab itu, kita tidak perlu panik, stress, akibat dampak pandemi virus corona ini. Karena Tuhan tetap menjaga kita dan Ia lah perlindungan kita. Mari kita tetap waspada dan mohon hikmat dari Tuhan agar kita melakukan pekerjaan/ ibadah kita dengan baik. Itulah iman yang disertai perbuatan, iman yang berbuah, untuk kemuliaan nama Tuhan. Berkat bagi sesama. Amin.

 

  1. Nyanyian Kidung Jemaat 440:1

Di badai topan dunia, Tuhanlah Perlindunganmu

Kendati goncang semesta, Tuhanlah Perlindunganmu

Reff :   Ya , Yesus Gunung Batu di dunia, di dunia, di dunia

Ya,  Yesus Gunung Batu di dunia, tempat berlindung yang teguh.

 

  1. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami.

 

Departemen Persekutuan GKPS

 

Tinggalkan Balasan
**