Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 23 Mei 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 23 Mei 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 23 Mei 2020

1. Doding Haleluya No.4:1

Puji Jahowa na sangap anjaha mardohar
Hita ganup na ringgas na megah maruhur
Martumpu rup, marolob-olob ganup, haganupan manisia

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 68:5

Dodingkon nasiam ma Naibata, puji nasiam ma goranNi. Bahen nasiam ma dalan Bani na margareta i halimisan. Jahowa do goran-Ni, marolob-olob ma nasiam i lobei-Ni.
Bernyanyilah bagi Allah, mazmurkanlah namaNya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! namaNya ialah TUHAN; beria-rialah di hadapanNya.

4. Renungan

Renungan hari ini adalah menyatakan nyanyian kemenangan Israel karena pertolongan Allah. Bagi bangsa Israel, Allah bukan hanya dikenal sebagai Allah Pencipta saja. Kisah campur tangan Allah saat mereka keluar dari Mesir, membekas kuat dalam ingatan mereka. Israel, yang begitu lama berada dalam kungkungan Mesir, kemudian bebas merdeka. Bila bukan karena Allah, mana mungkin identitas mereka sebagai bangsa bisa pulih. Mazmur kali ini merupakan hasil ingatan akan keperkasaan Allah saat Ia berhasil mengalahkan tentara Mesir, yang mengejar bangsa Israel. Bagai prajurit tangguh, Allah berhasil membuat musuh-musuh Israel bertekuk lutut. Musuh-musuh lari tunggang langgang karena ketakutan. Mereka kemudian lenyap bagai asap tertiup angin dan hancur bagai lilin meleleh terbakar api. Begitulah nasib orang-orang yang memusuhi Allah dan umat-Nya. Di sisi lain, orang-orang yang berdiri di pihak Allah, yaitu orang-orang benar akan bersukacita karena hal itu, serta menyanyikan kemenangan dengan penuh sukacita. Namun Tuhan tidak berhenti sampai di situ saja. Kehadiran Tuhan digambarkan bagai arak-arakan karena menang perang. Puluhan ribu kereta kuda disertai dengan tawanan-tawanan yang tertunduk malu karena kalah perang. Kisah perjalanan hidup Israel sebagai suatu bangsa memperlihatkan karya dan keperkasaan Allah, juga menunjukkan kepedulian dan campur tangan Allah. Begitu jugakah kisah hidup kita? Bila anda ragu untuk mengatakan ya, cobalah tanyakan hati anda, sudahkah anda mempersilakan Allah berkarya sepenuh dan seutuhnya dalam hidup anda?
Kepemimpinan Allah sekaligus menyatakan kehadiran Allah di tengah umat-Nya. Merupakan suatu pengalaman indah jika kita bersedia berjalan, berjuang, dan berperang bersama Tuhan. Kesulitan hidup, “musuh-musuh yang siap menerkam dan membinasakan”, atau masalah apa pun tidaklah menjadi rintangan besar tatkala kita menyadari bahwa Tuhan selalu hadir menyertai langkah kita. Ditapaki oleh Allah, padang gurun segersang apa pun berubah menjadi kebun permai. Bersama Tuhan kita akan menghadapi setiap masalah, dan keluar sebagai pemenang! Amin.

5. Doding Haleluya No. 241:1

Malas do tong uhurhon, bani Jesus na tongtong
mangindahi hajolmaon, ase Ia paluahkon
Jolma manisia in, humbai hamagouan in

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.