Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 28 Mei 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 28 Mei 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Kamis, 28 Mei 2020

  1. Nyanyian Pujian: “Bapa Sorgawi”

Bapa sorgawi ajarku mengenal betapa dalamnya kasih-Mu

Bapa sorgawi buatku mengerti betapa kasih-Mu padaku

Semua yang terjadi, di dalam hidupku

Ajarku menyadari Kau sertaku

B’ri hatikku s’lalu bersyukur pada-Mu

Karna rencana-Mu indah bagiku

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: 2 Korint 5:5

Tapi na pasirsirhon hanami hujai, ai ma Naibata, na mambere bennami Tonduy in songon sikoram.

Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.

 

  1. Renungan

Tidak ada yang terjadi secara kebetulan dalam kehidupan kita. Hal ini menjadi sebuah sejarah penting dalam kehidupan Rasul Paulus. Pengalaman hidupnya setelah ia menerima kehadiran Kristus dalam dirinya menjadikannya sebagai seseorang yang hanya mengandalkan Tuhan dalam hidupnya. Hal itu juga yang menjadikan Paulus tidak mudah diombang ambingkan oleh hal-hal yang ada di dunia ini, bahkan dengan segala kesulitan yang dihadapinya tidak membuat ia goyah, Rasul Paulus tetap berdiri tegak pada dasar imannya yaitu Kristus Yesus.

Dengan mengimani hal yang demikian, maka Paulus menyadari bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupannya itu bukan di luar rancangan Tuhan.  Paulus menyadari bahwa kehidupan ini adalah sebagai sebuah perjalanan menuju kepada sebuah tujuan yang didamba oleh setiap umat percaya. Tempat kita yang ada pada saat ini juga merupakan bagian dari perjalanan kita. Setiap orang percaya berjalan menuju kepada rumah yang kekal yaitu sorga yang telah dipersiapkan oleh Allah.

Bila kita menjalani sebuah perjalanan, tentu banyak hal yang akan kita temui seperti tantangan, godaan, yang bahkan mungkin membuat kita tidak sampai kepada garis finish. Gambaran seperti itu dapat kita lihat dalam kehidupan kita, bahwa kita berjalan, melangkah, tetapi ketika kita berhadapan dengan tantangan atau sesuatu yang menghempang langkah kita, maka hal itu bisa  membuat kita menjadi berhenti, tidak sampai kepada tujuan.

Tetapi kembali keimanan Rasul Paulus diperlihatkan melalui apa yang diungkapkan dalam teks kita hari ini, bahwa Allah yang mempersiapkan kita dengan mengaruniakan “Roh” sebagai jaminan segala sesuatu. Rasul Paulus mempercayai bahwa dalam perjalanan hidupnya, ada Roh yang telah dikaruniakan Allah baginya, Roh yang menjadi jaminan baginya dalam  melangkah menggapai tujuan.

Jemaat Tuhan…saat ini kita berada dalam sebuah perjalanan dan saat ini juga kita sedang menghadapi tantangan melalui wabah pandemic Covid 19, yang mungkin mengusik dan menganggu perjalanan kita. Kehidupan yang tidak biasa kita jalani saat ini, ketika kita harus di rumah saja melakukan aktivitas kita, beribadah di rumah, membatasi diri dengan kegiatan yang membutuhkan interaksi langsung dengan pihak lain, dan ini menjadi sebuah tantangan bagi kita. Tetapi teks kita hari ini semakin mengingatkan kita bahwa Roh-Nya menjadi jaminan bagi kita, dan Dia telah mempersiapkan kita, sehingga kita tetap melangkah sampai kepada tujuan kita. Seseorang disebut sebagai orang pecaya yaitu ketika dia tidak kalah dengan apa yang terjadi, dan sanggup melihat apapun yang terjadi dalam kehidupannya ada jaminan yang luar biasa yakni jaminan “Roh”.  Roh inilah yang memberikan kemampuan bagi untuk melihat “proses pembentukan” iman kita, sehingga pada akhirnya kita menyadari betapa besar arti “didikan Allah” bagi kita. Tidak ada yang terjadi secara kebetulan dalam kehidupan kita, maka mari menerima jaminan Roh-Nya, karena waktu Tuhan adalah yang terbaik bagi kita. Amin.

 

  1. Nyanyian Pujian: “Waktu Tuhan Pasti yang Terbaik”

Bila Kau ijinkan sesuatu terjadi, kupercaya semua untuk kebaikanku

Bila nanti telah tiba waktu-Mu kupercaya kuasa-Mu memulihkan hidupku

Waktu Tuhan pasti yang terbaik, walau kadang tak mudah dimegerti

Lewati cobaan ku tetap percaya waktu Tuhan pasti yang terbaik

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

One Response

  1. Munthe berkata:

    Diatei tupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.