Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 6 Juni 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 6 Juni 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 6 Juni 2020

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 9:1
Puji, hai jiwaku, puji Tuhan selagi ada nafasmu!
Allahku patutlah kuagungkan sepanjang umur hidupku!
Hayatku Dia yang beri: Dia kupuji tak henti.
Haleluya, Haleluya

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Korint 2:7

Tapi hapentaron na sinahapkonnami ai, ai ma hapentaron ni Naibata, gok rusia anjaha ponop, na dob tinotapkon ni Naibata, paima dong dunia on bahen hamuliaonta.
Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

4. Renungan

Paulus sebagai Rasul Kristus Yesus dalam suratnya yang pertama kepada jemaat Korintus menegaskan panggilannya adalah oleh kehendak Allah. Adapun permasalahan yang terjadi di tengah-tengah jemaat Korintus yaitu adanya golongan-golongan, yang cenderung akan membuat terjadinya perpecahan. Masing-masing golongan menganggap kebenaran pemikirannya sendiri. Mereka cenderung mengutamakan hikmat dunia.
Dalam keadaan seperti itu, Rasul Paulus menegaskan bahwa baik orang Yahudi maupun bagi orang Yunani, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah. Hikmat yang disampaikan Paulus kepada orang-orang Kristen di Korintus bukan dari dunia dan bukan dari penguasa-penguasa dunia ini. Yang diberitakan Paulus adalah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah. Rahasia (Bahasa Yunani: “Misteryon”) yang artinya rahasia dinyatakan kepada iman yang tersembunyi: tak mungkin bagi manusia menemukannya dengan akal. Hikmat Allah itu bukan hikmat duniawi, melainkan hikmat ilahi. Bukan seperti hikmat yang dapat ditemukan oleh manusia di dunia ini, atau diterima oleh orang-orang yang hidup secara duniawi, dan menolak Roh Allah. Para Rasul diberi kuasa oleh Roh Tuhan untuk memberitahukan pikiran-Nya kepada kita. Di dalam firman yang kudus, pikiran Kristus, dan pikiran Allah di dalam Kristus, sepenuhnya diungkapkan kepada kita. Karena itu marilah kita senantiasa menerima Roh Kudus dalam mengandalkan hikmat Tuhan dalam menghadapi kejadian yang tidak biasa saat ini. Banyak orang mengeluarkan pendapatnya tentang virus corona, mari kita dukung dalam doa agar mereka tidak mengandalkan hikmat dunia tetapi mengandalkan hikmat Tuhan. Demikian juga kita umat Kristen satu sisi dan sisi lain sebagai warga negara, mematuhi anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Firman Tuhan kita ini menegaskan kepada kita semua umat Kristen agar tidak mengandalkan hikmat dunia tetapi biarlah kita tetap berdoa dan kita andalkan hikmat TUHAN dalam seluruh aspek kehidupan kita. Karena saat-Nya Tuhan akan membuat virus covid-19 berakhir. Dengan kuasa Roh-Nya kita tetap melakukan firman Tuhan dalam segenap aspek kehidupan kita untuk kemuliaan bagi nama Tuhan khalik langit dan bumi. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 54:4
Di hati kami, Tuhan, Kautulis sabdaMu,
Supaya kami juga setia dan teguh
Kendati gunung goyah, binasa dunia
Kekallah Firman Allah, selama-lamanya.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.