Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS, Senin 15 Juni 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS, Senin 15 Juni 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 15 Juni 2020

1. Mandoding Hal no 11:1
Na ijon do au Tuhanku, na manombah huBamu
Ganup iluh ni matangku husombahkon huBamu
UhurMu mando hu bangku na masihol au Bamu

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Roma 8 : 28
Ai ibotoh hita do, haganup do manumpak hubani na madear bani sagala na marholong ni uhur bani Naibata, na nidilo-Ni hun bani sura-sura-Ni hinan.
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan recana Allah.

4. Renungan
Ada banyak hal yang tidak kita mengerti di dalam hidup ini. Dan terkadang hal yang tidak kita pahami itu membuat kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan untuk menerima pemahaman atau pengertian dengan bimbingan Roh Tuhan, tetapi bisa juga sebaliknya kita menjadi merasa hidup ini tidak mempunyai arah dan serba membingungkan sehingga kita lari kepada pencarian yang serba instan atau pencarian yang enak bagi kita.
Firman Tuhan hari ini ingin mengatakan kepada kita bahwa di tengah perjalanan hidup ini memang kita adalah mahluk yang tidak berdaya dalam arti kita tidak bisa melakukan sesuatu secara sempurna. Ketidaksempurnaan itu tentu harus diatasi dengan campur tangan yang mampu membawa kepada kesempurnaan itu. Dalam hal ini rasul Paulus mau mengatakan bahwa Allah sendiri telah campur tangan dalam kehidupan kita agar kita bisa hidup sesuai dengan kehendak Allah yang sempurna, dan hidup kita menjadi berarti.
Pertama, Allah melalui Yesus Kristus datang menyelamatkan kita yang sudah rusak oleh dosa, kita dipulihkanNya agar kita layak tetap hidup sebagai anak Allah. Tindakan Allah yang penuh kasih karunia ini tentu menjadi kekuatan bagi kita untuk bisa tetap berdiri sebagai orang benar. Kedua, melalui Roh Kudus Allah membantu kita untuk menyampaikan sesuatu kepada Allah. Doa kita yang tidak sempurna telah disempurnakan oleh Roh Tuhan sehingga tidak ada kendala berkomunikasi dengan Sang Maha Kudus.
Itulah cara Allah yang bekerja dalam diri kita karena kasihNya dan semua itu untuk mendatangkan kebaikan kepada kita, seperti yang disebutkan dalam ayat harian kita. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur dan melakukan perbuatan baik, karena memang untuk itulah kita dipanggil. Juga pada masa yang sedang mempersiapkan new normal, kita juga diminta untuk melakukan perbuatan baik karena Allah menginginkannya. Smeoga kehadiran dan perbuatan kita tetap sesuai dengan rencana Allah. Amin.

5. Mandoding Hal no 145:3
Horjahon bujur hataNi ganup
Sai monang jojor baenonNi ganup
Ai Ia do Raja na monang tongtong
Patitir pe bala manginsurut tong

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.