Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – Selasa, 16 Juni 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS – Selasa, 16 Juni 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 16 Juni 2020

1. Doding Haleluya No. 107:1

Irikhon nasiam ma Ahu, nai Hata ni Tuhanta.
Sai parnalang ma dirimu, hatangKu malah harga
Sai mambur bahenlah ganup, parlahoumin na so talup

2. Tonggo

3. Ayat Harian : Johanes 12:26

Barang ise na sihol mambalosi Ahu, iirikkon ma Ahu; anjaha ia ija Ahu, ijai do juakjuak-Ku. Barang ise na mambalosi Ahu, pasangapon ni Bapa in do ia.
Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikuti Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

4. Renungan

Saudaraku, firman Tuhan menyapa kita hari ini agar kita menjadi pengikut dan pelayan Yesus yang sudah lebih dahulu melayani kita dengan sungguh. Mengikut dan melayani Yesus merupakan bagian iman yang timbul dari kesadaran bahwa tanpa Yesus kita tidak bisa berbuat apa-apa. Mengikut dan melayani Yesus juga merupakan perwujudan dari ucapan syukur kita yang telah ditebus di dalam darah-Nya yang tercurah di kayu salib untuk keselamatan kita. Oleh karena itu, adalah sebuah sukacita dan kehormatan bagi kita kalau kita diberi kesempatan untuk hidup mengikut dan melayani Yesus. Mengikut Yesus berarti kita mau meneladani Yesus di dalam kerendahan hati-Nya dan kasih-Nya yang sungguh. Melayani Yesus berarti mengabdikan hidup kita hanya untuk kemuliaan-Nya.
Saudaraku, tentu kalau disebut pengikut dan pelayan Yesus, bukan seperti hubungan antara bos besar dengan budak kacungan, tapi hubungan antara sahabat. Yesus sendiri mengatakan bahwa kita bukan lagi hamba tetapi kita adalah sahabat-Nya. Itulah keistimewaan kita. Kita berbahagia kalau Yesus mau menjadi sahabat bagi kita.
Apakah Saudara memiliki sahabat? Apakah Saudara memiliki teman? Satu ungkapan mengatakan: “Teman tertawa banyak, tapi teman menangis sedikit”. Kita bisa buktikan ungkapan ini, mungkin dengan mengingat dan menghitung, siapa teman kita di dalam tawa? Lalu siapa pula teman kita di dalam tangis? Lalu siapa pula teman kita baik di dalam tawa dan tangis? Ya. Yesus adalah salah satu Teman kita di dalam tawa dan tangis, bahkan tidak ada Teman yang begitu setia di dalam hidup kita selain Yesus. Yesus adalah Teman Sejati kita. Dia tidak pernah meninggalkan kita, bahkan saat kita tertidur, Dia tidak tidur untuk menjaga kita. Di saat kita tertawa, Dia pun bersuka. Di saat kita menangis, Dia pun ada di sisi kita, menghibur dan menguatkan kita. Di saat kita bergumul, percayalah bahwa Dia pun ikut bekerja memberi jalan dalam pergumulan kita itu. Itu iman kita. Kita percaya itu. Karena itu marilah kita juga mau menjadi Sahabat Yesus yang setia dengan tetap teguh dalam mengikut dan melayani-Nya, apapun rintangan yang kita hadapi, kita tetap setia. Setialah di masa-masa sulit, setialah juga di masa-masa senang.
Saudaraku, wujud kesetiaan kita sebagai sahabat yang selalu mengikut dan melayani Yesus adalah dengan menjadi sahabat juga terhadap sesama dan alam semesta. Apalagi di masa pandemi ini, kita harus menjadi sahabat bagi sesama kita yang sedang menderita. Mari bersahabat. Mari bantu mereka dengan tetap menjaga kesehatan kita, dan mengusahakan agar sesama kita juga tetap sehat. Karena kalau kita sakit, sesama kita juga sakit. Kalau sesama kita sakit, kita juga sakit. Karena itu mari saling mendukung dan menolong, hilangkan sikap egoisme. Kita tidak bisa hidup tanpa sesama kita, kita tidak bisa hidup tanpa sahabat kita dan alam semesta. Bersama kita bisa melawan covid 19. Amen.

5. Doding Haleluya No. 118:1

Tuhan Jesus Siparmahan ganup biri-biri do.
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham.
Sai irikkononku Ham, sai irikkononku Ham.
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.