IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 20 Juni 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu 20 Juni 2020

1. Doding Haleluya No. 11:2

Pardimata ham uhurhu, rajai Ham ma diringkon
Ham do tong pangarapanku, sipagoluh tonduyhon
Uhur-Mu na mando bangku, bangku Ham Bamu au on

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Korint 9:13

Ai lang ibotoh nasiam, na mangkorja i rumah panumbahan mangan hun rumah panumbahan, anjaha na marugas bani anjap-anjap, dapotan hunjai?
Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu.

4. Renungan

Dalam realitas pelayanan di tengah jemaat, terkadang kita jumpai hamba Tuhan yang harus melayani jemaat dengan jadwal yang padat. Ia harus bekerja giat melayani dengan baik dan cekatan jika tidak mungkin akan muncul tuntutan dan desakan dari kawanan domma gembalaannya. Namun meski mereka dituntut melayani sedemikian, terkadang jerih lelah mereka hanya dianggap sebagai pengabdian. Kesejahteraan hidupnya mungkin kurang diperhatikan dengan baik.

Melalui nas ini Paulus mau menasehati jemaat Korintus untuk tidak hanya cepat menuntut tetapi juga sigap menghargai dan memenuhi kewajiban dengan baik. Jemaat Korintus adalah buah pelayanan Paulus. Seharusnya Paulus berhak menuntut dukungan mereka. Tetapi karena ada penginjil lain, jemaat itu agaknya lupa akan Paulus. Sebagai pelayan Tuhan yang baik, Paulus tidak undur karena kecewa, walau itu tentu menyakitkan. Kunci ketahanan Paulus adalah Ia memandang pelayanannya adalah untuk Tuhan dan demi perkembangan jemaat-Nya. Hanya satu obat penawar rasa kekecewaan dalam pelayanan yakni pandanglah Kristus yang empunya pelayanan, Dialah yang berhak menerima pengabdian terbaik dari kita.

Dalam situasi pandemi covid-19 saat ini, banyak aspek yang terkena dampak, salah satunya adalah dampak ekonomi. Melalui nas ini para hamba Tuhan dan seluruh jemaat Tuhan diingatkan agar meneladani kasih Yesus dalam sikap kita satu kepada yang lain. Kita semua hamba Tuhan tetaplah melayani dengan baik sebagai persembahan untuk Tuhan. Demikian halnya semua warga jemaat kiranya dapat menunjukkan kasih dengan menghargai dan memenuhi kebutuhan para hamba Tuhan. Dan kita melakukan semua itu untuk kemuliaan nama Tuhan. Beban pelayanan yang berat jika dipikul secara bersama-sama akan menjadi ringan. Baik hamba Tuhan maupun warga jemaat kita bersyukur ketika kita masih diberi kesempatan untuk dapat saling melayani dan menjadi berkat bagi sesama. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 427:1

Ku suka menuturkan cerita mulia, cerita Tuhan Yesus dan cinta kasih-Nya
Ku suka menuturkan cerita yang benar, penawar hati rindu, pelipur terbesar
Ku suka menuturkan, ku suka memasyhurkan, cerita Tuhan Yesus dan cinta kasih-Nya. Amen

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.