IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 27 Juni 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 27 Juni 2020

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 19:1

Tuhanku Yesus, Raja Alam Raya, Allah dan Manusia,
Kau Kukasihi, Kau junjunganku, bahagiaku yang baka

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 33:6

Marhitei hata ni Jahowa do ijadihon langit, anjaha marhitei hosah ni pamangan-Ni sagala bala-Ni.
Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya.

4. Renungan

Nas renungan kita ini merupakan bagian dari puji-pujian pemazmur yaitu Daud kepada Tuhan. Karena firman Tuhan itu benar dan juga sangat berkuasa. Kekuasaan firman Tuhan itu terdapat dalam penciptaan-Nya Kejadian 1 dan 2. Dimana Firman Allah itu dalam Bahasa Ibrani disebutkan ‘DABAAR’. ‘DABAAR’ itu sangat dinamis dan sangat berkuasa. Karena dengan firman-Nya langit dan bumi dan beserta isinya dapat dijadikan. Satu hal kekuasaan firman Allah (DABAAR) itu ialah: Firman itu dapat menjadikan dari yang tidak ada menjadi ada. Manusia hanya dapat membuat sesuatu kalau sudah lebih dahulu tersedia bahan bakunya.
Dalam Mazmur ini kejadian/awal mulanya: langit serta tentara-tentaranya yakni bintang-bintang – diciptakan melalui firman dan nafas (bnd. Kej. 2:7, dimana manusia diberi nafas itu), air dikumpulkan, baik air yang tersimpan di atas cakrawala, dan memancurkan hujan maupun lautan di dunia ini. Bumi dan penduduknya pun dijadikan dan sebagai makhluk yang sadar maka manusia hendaknya menghormati khalik dengan penuh takut dan gentar kekaguman.
Kuasa Allah tidak terbatas: Ia berfirman dan semua jadi, Ia memerintahkan dan semua ada. Sama seperti pemazmur, atas pengenalan kita kepada Tuhan yang menjadikan segala sesuatu, yang menunjukkan kasih-Nya kepada kita, maka kita berbahagia. Walaupun pada saat ini pandemi COVID-19 belum berlalu dari muka bumi ini. Tuhan pencipta dan seluruh ciptaannya termasuk kita manusia adalah tetap dalam pemeliharaan Tuhan. Melalui anak-Nya Yesus Kristus kita telah dipilih menjadi umat Allah dan ditempatkan di tengah masyarakat untuk turut melaksanakan rencana kesejahteraan-Nya bagi setiap orang bagi segenap umat manusia. Dengan kekuatan sendiri kita pasti gagal, tetapi dengan Tuhan sebagai penolong, maka kita dapat bertekun menjalankan tugas yang dipercayakan-Nya kepada kita. Atas pertolongan Tuhan, pemazmur mengundang kita juga agar senantiasa memuji memuliakan nama Tuhan dengan hati yang benar dan jujur di hadapan Allah. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 280:1

Aku percaya Allah yang kekal,
yang oleh Sabda kita kenal
Bapa pencipta alam semesta,
yang mengasihi manusia.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.