IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 29 Juni 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 29 Juni 2020

1. Mandoding Hal no 195:1
Sai hupasangap tongtong ari on bai goluhkon bai goluhkon
Ai sol martumpu hanami tongtong i rumah on i rumah on
Sonang do uhur marlajar ijon, gok do ambilan tangaron ijon
Nin homa doding sai tambah tongtong, megah au on megah au on

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Markus 9 : 41
Na sintong do hatangKon bannima, na mambere hanima bah inumon sasangkir ibagas goranKu, halani Kristus simada hanima, seng na magou upahni.
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya.

4. Renungan
Nilai kekristenan sering bergeser karena bertemu dengan suasana atau dengan kepentingan yang ada di dunia ini. Salah satu yang sering mengganggu nilai kekristenan adalah kecurigaan. Kecurigaan itu muncul ketika hati dan pikiran kita menyatakan kita paling benar dan menganggap orang lain ada di pihak yang bertentangan dengan kita. Akibatnya kita yang seharusnya tidak perlu berpikiran negatif tentang sesuatu akhirnya jatuh kepada penilaian negatif tentang sesuatu dan akhirnya kita menjadi curiga akan sesuatu.
Sikap curiga ini ternyata tidak disetujui oleh Tuhan Yesus. Waspada memang harus kita lakukan tetapi ketika kita menjadi curiga, itu sudah lebih cenderung kepada penilaian yang negatif. Karena itu Tuhan Yesus mengingatkan murid-muridNya supaya tidak langsung bersikap curiga, apalagi kepada orang yang melakukan kebaikan dan kebenaran. Kecurigaan bisa membuat kita kehilangan nilai dalam hidup kita.
Tuhan Yesus mengatakan bahwa siapapun yang memberi kamu secangkir air karena mereka tahu kita pengikut Kristus, maka dia melakukan kebenaran. Orang yang melakukan kebenaran akan menerima upahnya, tentu kita juga tidak mau kehilangan upah yang dari sorga hanya karena kita curiga. Juga di masa pandemi ini banyak sekali orang yang curiga: curiga pada orang lain karena batuk, curiga pada pemerintah dengan angka-angka yang terpapar, dan seterusnya. Apakah dengan curiga kita bisa bebas dari penyebaran virus? Tentu tidak! Kita perlu waspada dan bijaksana sehingga kita tidak kehilangan upah karena menilai orang lain dengan kecurigaan. Jadilah pengikut Tuhan yang selalu berpikiran positif agar kita tidak terjatuh pada kesalahan yang muncul akibat kecurigaan.

5. Mandoding Hal no 113:2
Anggo Tuhan Jesus hasomanku tong
Bahenonku do maporus sigompangi tonduyhon
Sao martuah diri, anggo Jesus do hasoman diri.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.