Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 14 Juli 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 14 Juli 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 14 Juli 2020

1. Mandoding Hal no 380:1
Marhasoman Jesus marhasoman Jesus sai monang hita on
Marhasoman Jesus marhasoman Jesus talu sibolis in
Marhasoman Tuhan Jesus hita monang do tongtong
Marhasoman Tuhan Jesus sai monang hita on

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jeremia 49 : 11
Paturut ma dakdanakmu na tading maetek in, sihol do pagoluhonKu on; martenger ni uhur Bangku ma na mabalunima!
Tinggalkanlah anak-anak yatimmu, aku akan menghidupi mereka; biarlah janda-jandamu menaruh kepercayaan padaku!

4. Renungan

Allah kita berkuasa atas segala sesuatu di dunia ini termasuk kepada seluruh bangsa yang ada. Iman kita mengatakan bahwa Allah adalah pencipta segala sesuatu maka Dia juga adalah pemilik semuanya. Yeremia telah menerima panggilan Tuhan dan dia diperintahkan untuk bernubuat tentang bangsa Israel dan juga tentang bangsa yang lain. Secara khusus memang saat itu Allah mau menghukum bangsa-bangsa di sekitar Israel, di samping Allah juga menghukum bangsa Israel. Perintah ini dijalankan nabi Yeremia meskipun dia harus menyampaikan Firman Tuhan itu kepada bangsa lain.

Hukuman itu disampaikan oleh nabi Yeremia dan Allah memang menghukum yang patut dihukum. Tetapi melalui firman hari ini ingin dikatakan bahwa hukuman Allah itu tetap dijalankan tetapi bukan berarti bahwa Allah akan berubah menjadi Allah yang pemarah dan penghukum, karena ternyata Allah juga adalah Allah yang peduli, yang tetap membela orang-orang yang terpinggirkan.

Bagian dari masyarakat yang terpinggirkan bahkan yang diabaikan adalah anak yatim dan para janda. Jika Allah menghukum bangsa-bangsa apakah masih ada yang membela yang lemah itu? Di sinilah diberitahu kepada dunia bahwa Allah dalam kasihNya akan selalu memelihara anak yatim dan para janda. Inilah sifat ilahi yang senantiasa bisa dilihat dan dirasakan di sepanjang masa. Karena itu kita tidak perlu kuatir ketika kita tidak diperhitungkan di dunia ini. Kita tidak perlu merasa terabaikan di dunia ini karena Allah selalu berpihak kepada orang yang mengasihiNya dan Allah berpihak kepada orang-orang yang terabaikan atau tersingkirkan oleh dunia ini. Tetaplah berada di pihak Allah maka kita akan senantiasa merasakan kasih perlindunganNya. Amen.

5. Mandoding Hal no 350:1
Holong na humbani Tuhan na roh humbai Jesus in
Sai totap do marsinondang holong ni Tuhanta in
Sai sondangkon ma holongNi das bai hagolapan in
Ase haganup pardousa ipaluah Naibata.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.